Ilustrasi Pantai di Spanyol. Suhu panas menyebabkan ikan Obladas lebih agresif mencari makanan/NET
Ilustrasi Pantai di Spanyol. Suhu panas menyebabkan ikan Obladas lebih agresif mencari makanan/NET
KOMENTAR

GELOMBANG panas yang menyerang Eropa menyebabkan ikan kecil di laut kawasan pantai Benidorm, Provinsi Aliciante, Spanyol keluar untuk mencari makan. 

Pengumuman untuk tidak bermain air di pantai pun telah dipasang. Hal ini terkait peringatan mengenai perilaku ikan yang agresif telah serang pengunjung.

"Air hangat telah mempercepat metabolisme ikan, meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan mereka mencari lebih banyak makanan," kata ahli Laboratorium Klimatologi di Universitas Alicante, Spanyol dilansir dari Euronews, Kamis (7/9). 

Perilaku aneh dari biota laut ini sontak membuat wisatawan yang berkunjung menjadi takut karena sehari sebelumnya 15 orang wisatawan dilaporkan terluka akibat gigitan ikan tersebut.

Dilansir dari Spanyol Informacion, suhu laut di lepas pantai Benidorm saat ini berkisar antara 29 hingga 30 derajat Celsius.

Terdapat 15 orang wisatawan digigit Ikan Obladas. Panjang ikan ini bisa mencapai sekitar 30 cm dan mudah dikenali dari bintik hitam di ekornya.

Menurut penelitian, ikan Obladas begitu tertarik dengan kutil, tahi lalat atau luka kecil di kulit, terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. 

Dampak dari gigitannya membuat luka sobek hingga mengeluarkan darah dan meninggalkan bekas gigi di kaki, lengan, dan punggung manusia.

Sedangkan serangan spesies ikan jenis lainnya seperti bawal, ikan golfer, atau ikan bluefish sangat mungkin untuk menyerang wisatawan yang berenang mengenakan aksesoris seperti kalung, gelang yang berkilau.  

 




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News