Plt. Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, membacakan sambutan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, dalam pengumuman MHT Award 2023./Farah
Plt. Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, membacakan sambutan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, dalam pengumuman MHT Award 2023./Farah
KOMENTAR

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta memberikan apresiasi atas kritik, saran, dan masukan yang disampaikan masyarakat pers melalui karya-karya yang berbobot. Pemprov DKI Jakarta mengakui peranan penting pers dalam membantu kelancaran komunikasi antara pemerintah dan warga sehingga tercipta keharmonisan dalam pembangunan meneuju kesejahteraan masyarakat.

Demikian antara lain disampaikan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyambut pengumuman pemenang MHT Award  2023 yang diselenggarakan Kamis siang (24/8) di Balai Kota, Pemprov DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Saya mengapresiasi semua yang terlibat dalam penyelenggaraan lomba ini. Ini adalah upaya untuk meneruskan perjuangan Mohammad Hoesni Thamrin dan juga menghargai dedikasi jurnalis dalam menyajikan informasi akurat kepada masyarakat. Ini bisa dicapai melalui berbagai jenis karya jurnalistik, seperti tulisan, foto, audio, dan visual,” ujar Pj. Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko.

Sambutan Pj. Gubernur DKI Jakarta itu lebih lanjut mengatakan, "Dalam mendukung peran tersebut, pers perlu mendapatkan dukungan dan kebebasan untuk menyampaikan informasi yang akurat kepada masyarakat tanpa campur tangan pihak lain. Ini adalah implementasi demokrasi dan kebebasan berbicara.”

Adapun Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah, dalam sambutannya, menggarisbawahi, MHT Award yang telah diselenggarakan sebanyak 49 kali memperlihatkan komitmen bersama dalam mewujudkan kebebasan pers dan mendukung edukasi masyarakat untuk selalu mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya.

 

Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah

Sayid Iskandarsyah juga menjelaskan, MHT Award adalah ajang prestisius untuk menghargai karya jurnalistik wartawan di Jakarta. Ini juga membuktikan bahwa PWI Jaya senantiasa mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan di Ibukota melaluikarya-karya berkualitas.

"Tujuan kami adalah memastikan tulisan-tulisan ini mendukung jalannya pemerintahan dengan baik," ujar Sayid.

"Tentu saja, kami juga memberikan saran, masukan, bahkan refleksi bagi pemerintah melalui tulisan-tulisan kami. Jika ada aspek positif dalam tulisan kami, itu merupakan bentuk apresiasi kami sebagai warga negara terhadap kinerja pemerintah yang baik,” kata Syahid lagi.

Sejumlah tamu dan undangan yang hadir dalam kegiatan ini antara lain adalah Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Trunoyudho Wisnu Andiko dan Kepala Biro Pemberitaan DPR RI Dr. Indra Pahlevi. Mantan Sekjen PWI yang juga mantan anggota Dewan Pers Hendry Ch Bangun juga tampak di antara hadirin.

Diikuti 513 Karya Berbobot

Sebelumnya, Ketua Panitia MHT Award 2023 Tubagus Adhi mengapresiasi kolaborasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Pemprov DKI Jakarta bersama PWI Jaya untuk menyukseskan gelaran lomba karya jurnalistik bagi insan pers dari berbagai platform ini.

Diskominfotik memberikan hadiah uang tunai masing-masing Rp 15 juta untuk para pemenang dari 7 kategori lomba. Sementara PWI Jaya memberi Rp 2,5 juta kepada 14 nominee pada 7 kategori perlombaan tersebut.

Dalam MHT Award 2023 Dewan Juri menilai sebanyak 513 karya jurnalistik berbobot yang bertemakan dinamika kehidupan perkotaan di DKI Jakarta yang diterbitkan antara 1 Juni 2022 sampai 31 Mei 2023.

Keseluruh karya itu dibagi ke dalam tujuh kategori, yakni Kategori Teks (142 karya), Kategori Infografis (90), Kategori Foto (61), Kategori Audio (7), Kategori Tajuk (15), Kategori TV Terresterial (121), dan Kategori TV Streaming (77).

Kategori Teks dimenangkan oleh karya berjudul “Kolong Jembatan, Tempat Berlindung Penduduk Miskin Jakarta” yang diterbitkan Kompas.id. Karya ini menyisihkan dua nominator yakni “Kemacetan Jakarta dari Tahun ke Tahun, Memburuk” yang diterbitkan Tirto.id  dan "Merasakan Merdeka Air Bersih di Kamal Muara" yang diterbitkan Antaranews.com.

Untuk Kategori Foto, foto dengan judul “Seratusan Ribu Warga Jakarta Tergolong Miskin Ekstrem” yang diterbitkan Antaranews.com meraih tempat pertama, disusul dua nominator lain “Kondisi Kolong Jembatan di Jalan Sukabumi, Menteng, Jakarta Pusat” yang diterbitkan Kompas.id dan “Sejumlah Kambing Memakan Sampah-sampah di Kawasan Pemukiman Nelayan Manunggal, Cilincing” yang diterbitkan oleh Tempo.

Pada Kategori Infografis, pemenangnya adalah CNNIndonesia.com dengan infografis berjudul “Jejak Sodetan Ciliwung dari Era Jokowi hingga Heru Budi”. Infografis ini menyisihkan “DKI Jakarta Akan Terapkan Jalan Berbayar Pada 2023” oleh Okezone.com dan “Skema Kampung Deret, Jurus Pemprov DKI Benahi Permukiman Kumuh” oleh  Sindonews.com.

Untuk Kategori Radio pemenangnya adalah Elshinta dengan laporan berjudul “Warga: Alhamdulillah, Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung Lanjut Lagi”. Sementara pemenang kedua dan ketiga adalah “Tansportasi Ibukotaku, Semakin Kece” oleh RRI dan “Utopia Bike to Work” oleh Trijaya FM.

Selanjutnya untuk Kategori Tajuk, “Penjabat Gubernur DKI dan Permasalahannya” karya Republika.id mendapatkan tempat pertama, diikuti “Menuju Transportasi Manusiawi di Jakarta” oleh Kompas.id dan “Pj. Gubernur Jakarta Harus Banyak Aksi Nyata” oleh Sindonews.com.

Kategori TV Streaming dimenangkan karya CNBC Indonesia yang berjudul “Jakarta Macet, Ekonomi Susut”, dengan karya Kompas.com yang berjudul “Sejarah Sengketa Tanah Merah, Lokasi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang” dan karya Warta Kota yang berjudul “Kisah Keluarga dengan Anak Penderita Tengkes di Jakarta” di tempat kedua dan ketiga.




Bertentangan dengan Kesepakatan Internasional, Amerika Serikat Halangi Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Sebelumnya

Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News