Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21 (KAPPIJA-21)/IST
Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21 (KAPPIJA-21)/IST
KOMENTAR

MENTERI PEMUDA dan Olahraga Ario Bimo Nandito dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar diagendakan akan membuka acara National Leader Forum (NLF). 

Kegiatan ini merupakan ajang mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama member Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21 (KAPPIJA-21) dari seluruh daerah dan perwakilan negara sahabat (AJAFA-21) melalui kegiatan sosial, seni, budaya dan lingkungan. 

"Akan berlangsung Jumat, 25 Agustus hingga 27 Agustus 2023 di Tangerang Selatan, Banten, Jawa Barat," kata Ketua AJAFA-21 periode 2022-2024 Sjahriati Rohmah melalui keterangan yang diterima Farah.id, Kamis (24/8).  

Dia mengatakan, acara itu diinisiasi Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21 (KAPPIJA-21). Selain itu, jadi agenda tahunan untuk pertemuan Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah. 

"Serta alumni Kappija 21 dari seluruh Indonesia dan dari negara sahabat," ujarnya. 

Sementara itu, di sela acara juga akan dilakukan Rapat Pimpinan untuk merumuskan serta mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan setiap pengurus daerah dan mendiskusikan kegiatan yang berkaitan, baik dari segi peningkatan potensi SDM, ekonomi, sosial dan budaya di masing masing daerah.

"Silaturahmi antar perwakilan negara sahabat ( AJAFA-21 ) melalui kegiatan sosial, seni, budaya dan lingkungan," terangnya.

“Makanya, banyak instansi dan lembaga pemerintah maupun swasta  mendukung penuh kegiatan ini,” tambahnya.

Sebagai informasi, kegiatan berskala nasional itu akan diikuti oleh perwakilan dari 17 pengurus daerah, dewan pengawas dan undangan member  ASEAN Japan Frendship Association (AJAFA-21) dengan mengangkat tema "Kappija-21 Mendukung Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Sumber Daya Manusia, Ekonomi dan Sosial Dalam Optimalisasi Kerjasama ASEAN dan Jepang.”

Di hari pertama kegiata, Jumat (25/8) dilaksanakan acara RAPIMNAS dan SARASEHAN. Sambutan pembukaan akan disampaikan oleh  PJ Gubernur Provinsi Banten dan Kepala JICA. Keynote Speech oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia Ario Bimo  Nandito Ariotedjo, sekaligus yang akan membuka acara. 

Sementara itu acara  Sarasehan Nasional dengan acara Talk Show dan Succes Story (Short Statemen dari Menparekraf, Wagub Jabar dan Pj Gubernur DKI) akan diisi dengan banyak pembicara. 

Pada acara sesi kedua, Keynote Speech disampaikan oleh Menteri Desa Pembangunan Daearah Tertinggal dan Transmigrasi Dr. (H.C) Drs. H Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Pembicara lainnya Kepala Kejaksaan Tinggi Propinsi Banten Dr. Didik Farkhan Alisyahdi, Sekapur sirih Success Story oleh DR. Wahdi Yudhi, Rektor Sampoerna University, Alumni Kappija-21.  

Sarasehan bertema "Dengan Semangat Bakti Padamu Negeri, Kappija-21 Mendukung Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Kualitas Perekonomian dan Menguatkan Kesadaran Hukum di Masyarakat Desa".

Sejalan Dengan Semangat ONE ASEAN VILLAGE, Sister Village dan Smart Village di AJAFA-21 Kegiatan NLF akan dibuka pada Jumat malam dan dilanjutkan hingga Minggu, 27 Agustus 2023. 

Rangkaian kegiatan Rapimnas, National Leader Forum (NLF) dan Silatnas KAPPIJA-21 ini mendapat banyak dukungan berbagai pihak.  Dari Kementerian dan  Lembaga, Pemerintah Daerah, serta kalangan akademisi, antara lain dukungan nyata dari Deputi Pembangungan Manusia dan Kebudayaan, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Rektor Sampoerna University serta dari kalangan seniman maupun masyarakat. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan dan partisipasi dalam mensukseskan kedudukan ketua Indonesia di ASEAN. Komitmen bersama alumni dengan segenap sektor dan anggota masyarakat adalah sebagai salah satu wujud nyata peningkatan kompetensi generasi muda menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045

KAPPIJA 21 saat ini memiliki anggota 5.500 alumni yang tersebar di 14 Pengurus Daerah seluruh Indonesia. Pada tahun 2023 ini KAPPIJA-21  juga dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Alumni Program Persahabatan ASEAN Japan Abad- 21 (AJAFA- 21) dengan anggota lebih dari 10.000 orang yang berasal dari negara ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Philippines, Myanmar, Vietnam, Cambodia, Laos dan Jepang.




Pembatalan Kenaikan UKT oleh Menteri Nadiem Tidak Menyelesaikan Masalah

Sebelumnya

Menteri Nadiem Batalkan Kenaikan UKT

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News