Ilustrasi Vaksin Rotavirus pencegahan diare untuk bayi berusia dua bulan hingga enam minggu/Net
Ilustrasi Vaksin Rotavirus pencegahan diare untuk bayi berusia dua bulan hingga enam minggu/Net
KOMENTAR

PROGRAM vaksinasi rotavirus secara gratis pada bayi digiatkan pemerintah. Pemberian imunisasi ini akan dilakukan secara nasional untuk seluruh Indonesia.

Vaksin buatan India ini telah mendapatkan persetujuan penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Dilansir Farah.id dari laman resmi Kemenkes, imunisasi ini mencegah diare yang diperuntukan bayi berusia dua bulan hingga enam minggu dan menggunakan vaksin jenis Rotavac. 

"Selain menyebabkan kesakitan dan kematian, diare juga menghambat tumbuh kembang anak dan berisiko memicu stunting," demikian tertulis, Rabu (23/8). 

Tiga tahun lalu, data 2020 tercatat diare sebagai penyumbang kematian nomor dua setelah pneumonia pada bayi. Rotavius tercatat sebagai penyebab utama diare berat pada balita sehingga menyebabkan dehidrasi yang berat bagi anak. 

Vaksin bisa didapatkan secara gratis di Posyandu dan Puskesmas terdekat. Vaksin akan diberikan dalam bentuk tetes oral atau 5 tetes setiap pemberiannya.

Dosis pemberian disesuaikan dengan usia. Namun umumnya, vaksin diberikan sebanyak tiga dosis dengan masing-masing jarak 1 bulan.

Dosis pertama biasa diberikan pada usia 6 minggu. Waktu ini dinilai tepat karena dapat memberikan perlindungan maksimal pada bayi dari paparan rotavirus.

Dosis kedua diberikan pada usia 10 minggu. Dosis ini diberikan untuk memperkuat respons imun tubuh terhadap virus.

Sementara dosis ketiga diberikan pada usia 14 minggu. Dosis ini sifatnya melengkapi dan memberikan perlindungan jangka panjang.

Tak hanya diare, nyatanya bayi yang terinfeksi virus rotavirus akan mengalami berbagai gejala dan tanda yang perlu diperhatikan,

Berikut ini deretannya menurut Kementerian Kesehatan:
*Diare selama 3-8 hari
*Demam
*Muntah
*Nyeri perut

Diare yang terjadi akibat infeksi rotavirus ini juga sering menyebabkan anak dehidrasi. Gejala dehidrasi yang mungkin terlihat adalah sebagai berikut:

Mulut kering
Mata terlihat cekung
Frekuensi buang air kecil berkurang
Timbul rasa haus yang berlebihan
Ujung jari terasa dingin
Kesadaran menurun

Demikian manfaat dari imunisasi vaksin rotavirus guna pencegahan diare untuk bayi agar Sahabat Farah terhindar dari penyakit berbahaya untuk buah hatinya.




Ragam Cara Memberikan Vitamin A untuk Balita

Sebelumnya

Kopi Hitam Si Kaya Manfaat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health