Ilustrasi kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air/Net
Ilustrasi kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air/Net
KOMENTAR

HARI ini, kloter pertama haji Indonesia dijadwalkan pulang ke Tanah Air. Menyegerakan pulang setelah ibadah haji menjadi salah satu yang dianjurkan. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw:

“Jika salah seorang dari kalian telah selesai mengerjakan Haji-nya, hendaklah dia segera pulang kepada keluarganya, karena itu lebih besar pahalanya.” (HR Ad-Daruquthni)

Setibanya di Tanah Air, para jemaah Haji diimbau untuk melaksanakan sejumlah amalan, seperti:

  • Berdoa Nabi

Rasulullah Saw dalam perjalanan pulang setelah melakukan peperangan, haji, atau umrah, selalu bertakbir tiga kali setiap kali berjalan di tanjakan. Lalu Beliau berdoa, “Tiada Tuhan selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya. Segenap kekuasaan dan pujian adalah milik-Nya dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Kami pulang, bertobat, beribadah, bersujud, dan memuji Tuhan kami. Allah telah menepati janji-Nya, memenangkan hamba-Nya dan mengalahkan persekutuan kaum kafir sendirian.” (HR Bukhari dan Muslim)

  • Mengabarkan keluarga

Ketika menginjakkan kaki di Tanah Air, segera berikan kabar kepada sanak keluarga, istri, maupun anak. Hal ini dilakukan agar mereka tidak terkejut dengan kedatangan yang tiba-tiba.

  • Panjatkan doa setelah tiba di kampung halaman

Setelah melihat perbatasan kampung halaman, segera ucapkan doa berikut, “Ya Allah, aku memohon Engkau memberiku kebaikan negeri ini, kebaikan penduduknya, dan kebaikan apa saja yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini, kejahatan penduduknya, serta kejahatan apapun yang ada di dalamnya.”

  • Jangan mendatangi kerabat di malam hari

Jika tiba di Tanah Air pada malam hari, tidak dianjurkan untuk langsung menemui keluarga. Hendaknya ia masuk ke kampung pada pagi atau sore hari. Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat Muslim, dari Anas RA bahwa Rasulullah Saw tidak pernah mendatangi keluarganya (sekembalinya dari perjalanan jauh) pada malam hari, melainkan beliau mendatangi mereka pada pagi atau sore hari.

  • Menunaikan salat dua rakaat di masjid

Sebelum sampai di rumah, disunnahkan untuk masuk terlebih dulu ke masjid untuk menunaikan salat sunnah safar sebanyak dua rakaat. Setelah masuk rumah, dianjurkan pula menunaikan salat dua rakaat, lalu dilanjutkan dengan berdoa dan beryukur kepada Allah Swt.

  • Setelah masuk rumah, ucapkan doa

Dianjurkan pula berdoa setelah masuk rumah, sebagaimana dipanjatkan Rasulullah Saw. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA, “Setelah pulang dari perjalanan jauh dan sesudah masuk rumah menemui keluarha, biasanya Nabi berkata, ‘(Ya Allah), kami memohon Engkau memberi kami taubat yang sempurna. Kami kembali kepada Tuham kami, semoga tak tersisa lagi dosa kami’.”

Sunnah selanjutnya adalah berbuat yang lebih baik lagi dari sebelum menunaikan ibadah haji. Sebab, hal itu menjadi salah satu tanda diterimanya ibadah haji selayaknya kebaikan diri yang terus meningkat.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News