KOMENTAR

VIRUS jenis baru yang mematikan ditemukan di Jepang. Tepatnya di Prefektur Ibaraki. Perempuan lansia meninggal setelah dinyatakan terkena miokarditis setelah gigitan kutu hingga terinfeksi virus OZ.   

Dilansir dari Japan Times, ini kali pertama kasus baru di dunia. Infeksi virus Oz yang ditularkan melalui kutu pada satwa liar dan manusia.

Dalam laporannya, disebutkan pemerintah setempat memberikan informasi yakni kementerian kesehatan setempat mengatakan, wanita 70 tahun itu sempat mengunjungi institusi medis pada musim panas lalu dengan gejala demam, kelelahan, dan nyeri sendi. 

Dokter mendiagnosa bahwa ada dugaan diserang derita pneumonia. Setelah diresepkan antibiotik, wanita itu semakin lemah dan gejalanya memburuk. 

"Saat dibawa ke rumah sakit, ditemukan kutu keras yang menghisap darah di pangkal paha kanannya," ujarnya. 

Tak selang berapa lama, nenek tersebut dinyatakan meninggal dunia karena miokarditis, radang jantung, sekitar sebulan kemudian.

Sebagai informasi, virus Oz merupakan thogotovirus baru yang diisolasi dari kutu yang menyebabkan infeksi mematikan pada tikus. 

Secara alami, Virus OZ menginfeksi manusia dan inang mamalia lainnya berdasarkan hasil sero survei.  

Virus Oz pertama kali terdeteksi pada tahun 2018 di kutu keras yang nama akademiknya adalah amblyomma testudinarium, di Prefektur Ehime, menurut National Institute of Infectious Diseases (NIID).

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News