Layanan Mecca WABot yang dapat memudahkan jemaah haji dan umroh menunaikan kewajibannya/Net
Layanan Mecca WABot yang dapat memudahkan jemaah haji dan umroh menunaikan kewajibannya/Net
KOMENTAR

TEKNOLOGI terus berkembang. Baru-baru ini, seorang dosen Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menggagas sebuah sistem yang akan menjadi ‘asisten pribadi’ para Jemaah haji dan umroh.

Mecca WABot adalah sebuah sistem yang dirancang berbasis chat, sehingga mudah dipakai siapa saja, termasuk lansia. Teknologi ini memastikan tidak ada kesalahan dalam menjalankan rangkaian ibadah haji dan umroh, yang seringkali dialami jemaah.

“Sistem chatbot ini ringan dalam penggunaannya dan lebih fokus pada apa yang dibutuhkan Jemaah dan umroh,” kata penggagas Mecca WABot Ir Achmad Cholil Noor Ali, MKom, Sabtu (24/6), mengutip Kumparan.

Chatbot merupakan teknologi auto reply pada aplikasi WhatsApp. Dengan chatbot, jemaah akan memperoleh informasi yang cepat melalui balasan pesan otomatis pada WA. Balasan tentu saja disesuaikan dengan pertanyaan yang diajukan.

Apa saja yang tersedia dalam Mecca WABot?

Semua yang ingin diketahui oleh jemaah, tersedia dalam layanan ini. Seperti panduan ibadah haji dan umroh, amalan di tanah suci, hingga pengetahuan seputar masjid di Makkah.

Termasuk pula petunjuk lokasi tempat ziarah, napak tilas Rasulullah, kawasan dan hotel, tempat oleh-oleh, hingga rute perjalanan. Juga fitur dan informasi berbentuk gambar maupun audio, yang terhubung dengan laman YouTube yang divisualisasikan dalam bentuk video.

“Sudah terintegrasi pula dengan google maps, sehingga memudahkan Jemaah apabila tersesat di Makkah,” kata Cholil.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, bisa mengaksesnya lewat laman https://s.id/meccaumroh.

“Inovasi ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami jemaah haji dan umroh dalam menjalankan rukun yang dianjurkan dan dapat menjadi haji yang mabrur,” tutup dia.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News