KOMENTAR

Di Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-496, tema yang diusung tahun ini yakni "Jadi Karya untuk Nusantara". Sebagai bentuk amplifikasi slogan "Sukses Jakarta untuk Indonesia", Kamis (22/6). 

Dikutip dari laman resmi Provinsi DKI Jakarta tema yang diusung bermakna kesiapan Jakarta untuk mengoptimalisasi seluruh sumber daya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta pemantik kemajuan bagi daerah lain di Indonesia. 

Berawal dari muara estuari sungai Ciliwung. Sunda Kelapa sebuah pelabuhan kecil kerajaan Sunda dengan Ibu Kota Dayeuh Pakuan Padjajaran yang bertransformasi  menjadi pusat perdagangan internasional. 

Pelabuhan Kalapa atau kelapa turut menjadi pusat perniagaan Portugis kala itu diserang oleh Pangeran Fatahillah pada 22 Juni 1527. Pangeran Fatahillah mengganti nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta.

Berdasarkan naskah dari Jayakarta ke Jayakarta, diketahui bahwa 22 Juni 1527 sebagai tanggal berdirinya kota Jayakarta oleh Fatahillah. Naskah tersebut kemudian diserahkan kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara.

Setelah dibahas kemudian ditetapkan 22 Juni 1527 sebagai berdirinya Kota Jakarta. Hal ini tertuang dalam keputusan DPR kota sementara No.6/D/K/1956. Melalui PP No 2 Tahun 1961 juncto UU No 2 PNPS 1961 dibentuk Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News