Aneka jenis mustard/Net
Aneka jenis mustard/Net
KOMENTAR

SAHABAT Farah, pernahkah makan roti burger yang diberi saus kekuningan? Tahukah bahwa saus tersebut dibuat dari biji-bijian?

Saus mustard atau saus moster dibuat dari biji-bijian sejenis rempah yang berasal dari daerah Mediterania, pegunungan Himalaya dan Timur Tengah. Bernama latin Brassica, tanaman mustard tergolong jenis sawi-sawian seperti brokoli dan kale.

Varietas tanaman moster ada 3 jenis, yaitu Mustard Hitam (Brassica nigra), Mustard Putih (Brassica Alba), dan Mustard Coklat (Brassica Juncea).

Dikutip dari epicurious, saus moster terbuat dari varietas mustard putih dan mustard coklat. Sedangkan mustard hitam biasanya digunakan untuk masakan India.

Dikutip dari nibble, pada proses pembuatannya, biji mustard ini digiling dan dicampur dengan cairan cuka dan lemon. Biji mustard memiliki cita rasa yang tajam, beraroma khas dan sedikit pedas. Rasa pedasnya berasal dari enzim yang yang berubah menjadi semacam minyak ketika bijinya pecah saat digiling.

Sensasi pedas tersebut merupakan mekanisme pertahanan alami tanamanan untuk melindungi diri dari serangga. Umumnya mustard yang berwarna coklat dan hitam memiliki rasa lebih pedas dibandingkan dengan warna putih. Namun saat dijadikan saus, kita bisa mengatur tingkat kepedasan tersendiri.

Warna saus mustard bukanlah alami kuning. Warna aslinya adalah kuning kusam cenderung krem atau bisa juga coklat kehitaman, tergantung pada varietas biji yang digunakan. Saus mustard sering diberi pewarna yang menggunakan kunyit untuk membuat warnanya lebih cerah dan lebih memggugah selera.

Selain warna kuning, yang biasa disebut dengan Yellow Mustard, ternyata ada beberapa jenis mustard lainnya, antara lain:

1.  Dijon Mustard, memiliki warna kecoklatan dengan rasa yang lebih pedas dibandingkan saus mustard yang berwarna kuning.

2. German Mustard atau Saus Mustard ala Jerman

Dibuat dari biji mustard yang berwarna coklat, biasanya digiling dengan halus dan dijadikan pelengkap untuk mengonsumsi sosis khas Jerman.

3 Chineese Mustard

Saus Mustard ala Tiongkok ini dibuat dengan merendam biji mustard dengan air dingin. Pembuatan saus mustard dengan cara ini tidak hanya memberikan rasa yang lebih pedas, karena tidak menggunakan cuka yang dapat meredam rasa pedas.

Mustard memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah menurunkan kadar gula darah, memberi efek antiinflamasi. Zat antioksidan yang terdapat di dalam biji mustard dapat membantu menurunkan risiko kanker dan melawan infeksi. Selain itu mustard juga dapat digunakan untuk mengatasi psoriasis.




Tujuh Cara Menjadi Pendengar yang Baik Ala Ahli Public Speaking

Sebelumnya

Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family