E-flyer terkait Hari Donor Darah Sedunia. Yuk, donor darah/Net
E-flyer terkait Hari Donor Darah Sedunia. Yuk, donor darah/Net
KOMENTAR

TEPAT pada hari ini, Rabu (14/6), diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Secara resmi, Hari Donor Darah Sedunia ini ditetapkan sebagai acara tahunan oleh Majelis Kesehatan Dunia pada 2005. Tema kampanye tahun ini adalah “Berikan Darah, berikan plasma, bagikan kehidupan, bagikan sering”.

Tema tahun ini berfokus pada pasien yang membutuhkan dukungan transfusi seumur hidup dan menggarisbawahi peran yang dapat dimainkan setiap orang, dengan memberikan hadiah darah atau plasma yang berharga.

Ini juga menyoroti pentingnya memberikan darah atau plasma secara teratur, untuk menciptakan pasokan darah dan produksi darah yang aman dan berkejlanjutan, yang dapat selalu tersedia di seluruh dunia. Dengan begitu, semua pasien yang membutuhkan dapat menerima perawatan tepat waktu.

Dikutip dari laman One Blood, pemilihan 14 Juni sebagai peringatan Hari Donor Darah Sedunia adalah terkait dengan ulang tahun karl Landsteiner. Dia memenangkan Hadiah Nobel Kedokteran pada 1930 untuk penemuannya dalam mengklasifikasikan golongan darah.

Karl Landsteiner adalah orang pertama yang mengklasifikasikan darah manusia menjadi golongan A, B, AB, dan O. Temuannya merevolusi transfusi darah dan mengarah pada praktik transfusi darah antara orang-orang dengan golongan darah yang cocok.

Hal ini membantu memodernisasi dan meningkatkan keamanan transfusi darah. Sebelum ada sistem ini, penggolongan darah A, B, AB, dan O, transfusi darah sering mengalami kendala berupa pengumpulan darah. Sebab pada waktu itu, dunia kedokteran belum mengetahui bahwa golongan darah tertentu hanya dapat menerima transfusi darah dari golongan yang sama.

Syarat donor darah

Merangkum laman resmi PMI, syarat donor darah PMI adalah sebagai berikut:

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia 17-60 tahun dan sampai 65 bagi pendonor darah yang sudah rutin melakukan, sampai akhirnya berhenti atas pertimbangan dokter
  • BB minimal 45 kg
  • Tekanan darah normal
  • Kadar hemoglobin 12,5-17,0 gr/dl%

Menurut Permenkes 91/2015, interval sejak donor darah terakhir minimal 2 bulan. Namun menurut Give Blood, syarat donor darah bagi pria minimal setiap 12 minggu atau 3 bulan. Sedangkan untuk perempuan yakni minimal setiap 16 minggu. Hal itu karena pria biasanya memiliki lebih banyak zat besi daripada perempuan. Tetapi secara keseluruhan adalah maksimal 5 kali dalam 2 tahun.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News