Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SELAIN membantu mengunyah, gigi susu pada anak memiliki fungsi membantu pembentukan wajah.

Untuk itu, akan menjadi masalah bila gigi susu anak tak kunjung tanggal pada waktunya dan terus dibiarkan. Gigi susu akan membuat adanya jarak dengan gigi permanen.

Hali tu disampaikan drg.. Ridwanto Congga dari RS Siloam Labuan Bajo ketika membahas kapan sebaiknya gigi susu anak ditanggalkan.

"Karena bersifat sementara, gigi susu nantinya akan digantikan oleh gigi tetap pada usia dewasa. Jadi, kapan waktu yang tepat mencabut gigi susu? Sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu kapan pertumbuhan gigi permanen," kata Ridwanto.

Ridwanto menjelaskan bahwa umumnya usia 6-7 tahun adalah waktu yang normal untuk pertumbuhan gigi susu.

Rentang usia itu waktu terbaik untuk mencabut gigi susu, karena menyesuaikan dengan rahang sang anak.

Ridwanto juga menjelaskan cara membedakan gigi susu dan gigi permanen. Pertama bisa dilihat dari ukuran dan warnanya.

"Gigi susu lebih kecil dan cenderung berwarna putih seperti susu, berbeda dengan gigi permanen yang berukuran lebih besar dan mempunyai warna putih bening, " sebutnya.

Ridwanto membeberkan, banyak ditemui kasus cabut gigi susu yang dilakukan secara bersamaan atau pencabutan dengan 2 gigi sekaligus. Hal ini menurutnya dapat membuat trauma terhadap anak.

"Jangan sampai anak tersebut menjadi trauma, hal tersebut akan mengganggu psikisnya di masa depan, " tegasnya.

Lebih jauh Ridwanto menjelaskan, pencabutan gigi pada anak maupun orang dewasa tidak ada pengaruh dan tidak berhubungan dengan saraf pada mata.

"Jadi, hal yang sering dialami hanya karena faktor sugesti orang dewasa atau orang tua saja," terangnya.

Proses pencabutan gigi susu baiknya dilakukan dengan sang anak sendiri dengan cara didorong secara perlahan ke depan dan ke belakang sesuai dengan yang bisa dirasakan sendiri oleh anak. Dengan catatan, tangan harus selalu bersih sebelum bersentuhan dengan gigi.

"Waktu yang tepat saat menjaga dan merawat gigi adalah saat usia sedini mungkin dengan mendisiplinkan anak untuk menggosok gigi pada pagi hari sebelum sarapan, dan pada malam hari sebelum tidur, " demikian Ridwanto.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News