Andara Early dan suami terlihat bahagia sambil menunjukkan sertifikat kepemilikan rumahnya/Net
Andara Early dan suami terlihat bahagia sambil menunjukkan sertifikat kepemilikan rumahnya/Net
KOMENTAR

KISAH mengejutkan datang dari artis Andhara Early dan suaminya, Bugi Ramadhana. Pasangan selebriti ini berbagi cerita seputar bagaimana keputusan nekatnya melunasi utang kredit pemilikan rumah (KPR) yang masih tersisa dengan 12 tahun lagi.

Cukup mengejutkan bahwa mereka membuat keputusan ini dalam kondisi tidak berpenghasilan. Lantas bagaimana mereka membayar cicilanya?

Ternyata dalam lima tahun belakangan ini, Andhara dan suami memutuskan untuk kerja kantoran. Namun pandemi COVID-19, membuat mereka harus bekerja dari rumah.

“Setahun, dua tahun bisa dipegang (pekerjaan kantor). Pas masuk tahun ketiga, gue udah masalah, mental health gue terganggu. Impact-nya ke keluarga, anaklah kena sasaran. Suami juga begitu dia pressure-nya lebih tinggi. Dia yang mutusin keluar (resign) duluan,” kata Andhara, memulai cerita di acara Rumpi: No Secret, Trans TV, Kamis (27/4).

Dalam keadaan tidak berpenghasilan, cicilan utang yang berjalan tentu menjadi beban tersendiri. Namun demi ketenangan, mereka merelakan tabungan untuk melunasi cicilan KPR plus biaya penalti (denda pelunasan).

Akhirnya jebolan Gadis Sampul 1995 itu menghitung ulang untuk nasib KPR-nya, dengan dua opsi. Opsi pertama, melunasi KPR beserta biaya pinaltinya dan kedua mengecilkan nilai cicilan.

Ternyata, menurut Early keduanya punya perbedaan yang sangat jauh. “Kalau kita lunasin berapa, gue hitung-hitung, gue jabarin ke suami, kalau kita langsungin 12 tahun, kalau habisin sekarang pokok utang kita segini. Dia melek, 'Oh jauh ya.' Ini memang harus habisin tabungan, (tapi) seenggaknya kita tenang,” ujarnya.

Sekarang, Andhara Early mengaku kehidupannya dengan sang suami berjalan apa adanya tanpa harus memikirkan cicilan. Dia dan suami sepakat untuk mengerjakan hal disukai dan sehat untuk mental mereka.

Nah Sahabat Farah, satu pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah Early dan Bugy ini adalah pentingnya memiliki tabungan untuk situasi sulit dan tidak terduga. Seperti halnya Early, di tengah situasi keuangannya yang sedang tidak bagus, ia bisa menggunakan tabungan tersebut untuk menyelesaikan cicilan KPR.

Meskipun sekarang hidup pasangan selebriti ini sangat sederhana, tetapi kesehatan mental mereka menjadi sangat terjaga lantaran tidak lagi pusing dengan cicilan rumah dan bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan.




Menanti AESPA Live Tour: SYNK Parallel Line di Jakarta, Catat Tanggalnya

Sebelumnya

Satu Lagi Penyanyi Indonesia Debut Jadi Girl Group K-Pop: Kimberley Fransa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment