Amelia Rachim membanggakan Indonesia/Net
Amelia Rachim membanggakan Indonesia/Net
KOMENTAR

MEMBANGGAKAN, desainer muda Indonesia Amelia Rachim berhasil menjadi pemenang pertama kategori gemstone dalam gelaran HRD Antwerp Design Award ke-18 yang diselenggarakan pada pameran perhiasan internasional Vicenzaoro di Vicenza, Italia, pada 22 Januari 2023 lalu. 

Dalam gelaran HRD Antwerp Design Award tahun ini yang mengusung tema Peace, It Starts with You!, Amelia mengambil sumber inspirasi dari semut dan juga keberagaman Indonesia bertajuk “Piece by Piece into Peace” yang berbentuk rangkaian semut yang bekerja sama membawa batu permata dalam berbagai warna.

Lewat karya itu, Amelia juga ingin menyampaikan pesan mengenai harmoni dalam perbedaan pada desainnya, yang digambarkan dengan semut yang saling bahu-membahu membawa batu perhiasan dalam warna dan bentuk yang beragam.

"Sebagai desainer perhiasan, tentunya saya senang dan bangga karena dapat membawa nama Indonesia di kancah internasional. Harapannya, capaian ini dapat menginspirasi desainer muda lainnya dalam mengasah diri dan karya. Tidak hanya dari segi estetika terkait orisinalitas ide, tetapi juga faktor lain seperti wearability, manufacturability, teknik, dan kreativitas dalam penggunaan perhiasan dan batu berharga," ujar Amelia yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Desain Industri pada 2008. 

Sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia yang berhasil bersaing dengan 1.600 peserta, Amelia berharap keberhasilannya menyabet juara pertama dapat membuat para perajin Indonesia semakin percaya diri dalam mengembangkan karyanya. 

Adapun desain Amelia yang memadukan rancangan dengan teknik pembuatan perhiasan tradisional khas Indonesia dinilai oleh para dewan juri berkompeten dalam industri perhiasan seperti Gaetano Cavaliery (President CIBJO–The World Jewellery Confederation,) Lucia Silvestri Jewellery (Creative Director Bulgari), Giorgio Damiani (Vice President of the DAMIANI Group), Lorenzo De’ Medici (HRH Prince Lorenzo de’ Medici), dan Romberto Coin (Founder of Roberto Coin S.P.A).

HRD Antwerp Design Award merupakan ajang kompetisi bergengsi yang telah diadakan selama lebih dari dua dekade sebagai wadah para desainer perhiasan berbakat di seluruh dunia dalam menunjukan kreativitasnya. 

Kompetisi ini terbagi ke dalam tiga kategori yaitu accessories, gemstone, dan diamonds.




Nurhayati Subakat: Dari Tujuan Sederhana, Wardah Terus Memberi Manfaat kepada Banyak Perempuan

Sebelumnya

Raih Nusantara Award 2024, Anna Mariana Konsisten Lestarikan Wastra Nusantara Serta Memajukan Pelaku UMKM dan Ekraf

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women