Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SAAT ini, siapa sih yang tidak butuh cuan? Utamanya para ibu rumah tangga, ada baiknya belajar untuk menambah cuan. Selain untuk membantu perekonomian keluarga, juga agar bisa mandiri secara finansial.

Untuk bisa menghasilkan uang, tentunya harus ada keahlian yang dimiliki, untuk menunjangnya. Berbagai macam hard skill yang diperlukan di era digital ini, ada banyak. Satu saja kita kuasai, bisa menghasilkan cuan yang lumayan.

Apa saja hard skill tersebut?

Menulis

Kalau kamu punya hobi menulis, sudah saatnya untuk mulai mengembangkan hobi tersebut. Tidak perlu menulis buku yang rumit, coba saja untuk menulis sebuah artikel, kemudian mengirimnya ke media online. Atau, kamu bisa menulis opini, serita pendek dan lainnya.

Biasanya, dari tulisan yang kamu kirim itu aka nada cuang yang dihasilkan. Nah, jika sudah menjadi seorang penulis professional, kamu bisa mulai menjejaki karir sebagai copywriter hingga UX writer.

Fotografi

Kamu yang senang memotret segala sesuatu, bisa mengasak kemampuan di bidang fotografi. Tidak harus dengan kamera mahal, tapi coba manfaatkan kamera ponsel pintarmu.

Setelah itu, coba upload foto-foto tersebut ke akun sosial media milikmu atau ke berbagai platform digital. Misalnya, freepik, geulgram, canva, dan lain-lain. Situs-situs tersebut akan membayar hasil jepretan yang kamu kirim.

Desain grafis

Di era digital seperti sekarang, kemampuan desain grafis sangat banyak dibutuhkan. Tidak hanya oleh perusahaan besar, tetapi juga para pengusaha online juga membutuhkan jasa seorang desain grafis. Karena untuk memasarkan sebuah produk di media sosial, diperlukan keahlian untuk mendesain, misalnya logo produk, postingan di Instagram, dan lain sebagainya.

Selain untuk keperluan media sosial, desain grafis juga dibutuhkan dalam mendesain template power point, cover buku, tampilan sebuah website atau aplikasi, dan lain-lain.

Nah, kira-kira mana nih yang akan Bunda pelajari agar bisa mengumpulkan cuan sendiri dan mandiri secara keuangan? Paling tidak, pelajar satu dari tiga hard skill di atas, untuk memperoleh cuan dengan cepat.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family