Stephanie Frappart, Salima Mukansanga, Yamashita Yoshimi/net
Stephanie Frappart, Salima Mukansanga, Yamashita Yoshimi/net
KOMENTAR

AJANG Piala Dunia 2022 Qatar banyak menyimpan momen hingga fakta-fakta menarik di dalamnya, yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah kehadiran wasit perempuan pertama yang mengambil bagian dalam ajang sepak bola ini.

Ada tiga wasit perempuan yang berasal dari berbagai negara yang kali ini menjadi sorotan. Untuk mengetahui sosok di balik wasit tersebut, simak ulasannya di bawah ini

Yamashita Yoshimi

Wasit perempuan ini berasal dari Jepang dan tampil di ajang Piala Dunia putra pada tahun ini untuk pertama kalinya. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi wasit dalam Piala Dunia Wanita pada 2019 di Prancis. Selain itu, Yamashita juga pernah memimpin Olimpiade 2020 dalam pertandingan antara Amerika Serikat (AS) melawan Swedia.

Dalam ajang pertandingan tahun ini, ia memiliki alasan yang menarik di balik keputusannya kembali menjadi wasit dalam Piala Dunia 2022.

“Hampir tidak ada wasit wanita di Timur Tengah, jadi saya ingin melihat perubahan itu melalui Piala Dunia Qatar,” kata Yamashita.

Menurutnya, fakta perempuan bisa memimpin di Piala Dunia Putra untuk pertama kalianya adalah tanda bahwa perempuan pun bisa selalu berkembang.

Salima Mukansanga

Wasit perempuan ini nampaknya sudah tidak asing lagi dalam ajang olimpiade internasional. Sebab, Salima Mukansanga sudah memimpin pertandingan resmi FIFA sejak 2012.

Sebelumnya, Mukansanga mengaku pernah bermimpi menjadi seorang pemain basket profesional. Namun karena perjalanan yang ditempuh menjadi pemain basket terlalu sulit, ia pun lantas mencari jalan lain untuk melanjutkan kariernya.

“Akses ke dunia basket sebenarnya cukup sulit. Itulah alasan mengapa saya menjadi wasit, namun hal itu tak pernah saya sesali,” jelasnya.

Keputusan itu kemudian membawa dirinya ke Piala Dunia Wanita 2019, Olimpiade Tokyo 2020, dan Piala Dunia 2022 Qatar. Mukansanga sudah tak asing lagi dengan ajang internasional, setelah dirinya memimpin di Piala Afrika Putra pada awal tahun ini.

Stephanie Frappart

Perempuan yang satu ini menjadi wasit di ajang pertandingan laga Grup E Kosta Rika vc Jerman pada Jumat (2/12). Namun, ini bukan kali pertama Frappart memimpin pertandingan. Ia juga pernah menjadi wasit saat fase kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret lalu.

Sebelum menorehkan sejarah baru, wasit 38 tahun ini pernah bertugas dalam pertandingan Liga Champions pada 2020. Bahkan, Frappart mendapatkan penghargaan sebagai wasit perempuan terbaik dunia versi IFFHS dalam tiga tahun berturut-turut, sejak 2019.

Ditunjuk sebagai wasit wanita pertama di Piala Dunia 2022, Frappart menyampaikan harapannya terhadap eksistensi wanita dalam ajang pertandingan internasional.




Raih 124 Penghargaan dari Dalam dan Luar Negeri, dr. Ayu Widyaningrum Siap Cetak Rekor MURI Bidang Estetika dan Dermatologi

Sebelumnya

Nancy Adistyasari Raih Penghargaan "Most Outstanding Women 2024" di Bidang Perbankan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women