ilustrasi
ilustrasi
KOMENTAR

MASYARAKAT Indonesia punya kebiasaan makan pagi atau sarapan. Yang dikonsumsi saat sarapan biasanya adalah roti atau gorengan, dengan kopi atau teh sebagai pendamping.

Kopi dan teh dianggap paling pas untuk memulai hari, karena bisa meningkatkan produktivitas dan menenangkan. Namun yang sering diperdebatkan adalah mana yang lebih baik diminum saat pagi hari, teh atau kopi?

Tamar Samuels, ahli diet dan pendiri Culina Health mengatakan, mau minum teh atau kopi tergantung pada reaksi tubuh peminumnya. Karena, baik kopi maupun teh memiliki kandungan kafein, meskipun kadarnya berbeda.

Kafein memberikan energi di seluruh otak yang menyebabkan penurunan aliran darah otak dan tekanan darah relatif rendah. Di sisi lain, juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Sudah banyak yang tahu, kopi dapat bermanfaat buat mereka yang memiliki penyakit diabetes tipe 2, jantung, serta dapat meningkatkan metabolisme. Minuman ini juga memiliki antioksidan dan polifenol yang jauh lebih tinggi dari teh.

Kandungan polifenol ini bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan, membantu mencegah penyakit jantung, hingga membantu mengontrol berat badan.

Sementara teh, tidak memiliki kafein dan polifenol yang tinggi seperti kopi. Teh punya beragam varian dengan menawarkan berbagai manfaat. Plusnya, aman dikonsumsi ibu hamil.

Jadi, Teh atau Kopi?

“Jadi, mau teh atau kopi, semua tergantung dari orang yang mengonsumsinya. Apakah mereka nyaman meminum kopi atau teh,” tegas Tamar.

Namun Tamar menyarankan, jika tubuh kamu terlalu responsif terhadap kafein, maka ada baiknya kamu mengonsumsi teh saja.

Jadi intinya, tergantung manfaat apa yang diinginkan. Jika ingin memberi energi pada tubuh dengan cepat, maka kopi lebih kamu butuhkan di pagi hari dibandingkan teh.

Tapi jika kamu hanya ingin merileks-kan tubuh, maka pilih teh (yang lebih baik teh hitam). Teh lebih baik diminum pagi hari untuk mereja yang cenderung sering cemas.

Untuk antioksidan yang lebih banyak, pilih teh hijau dan teh putih. Sedangkan teh herbal adalah pilihan sarapan bebas kafein.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health