Layanan telemedisi/Net
Layanan telemedisi/Net
KOMENTAR

KASUS Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Berdasarkan data Johns Hopkins University Center for Systems Science and Engineering (JHU CSSE), Indonesia melaporkan 4.717 kasus pada Sabtu (5/11), diikuti Malaysia dengan 4,621 kasus dan Singapura dengan 2.686 kasus.

Walau gejala yang ditimbulkan dari Covid-19 varian baru hampir sama dengan varian-varian sebelumnya, tetap saja mereka yang dinyatakan positif terinfeksi wajib melakukan isolasi mandiri.

Saat isolasi mandiri, persediaan obat-obatan bisa didapat dari layanan Telemedisin. Untuk mendapatkan obat-obatan gratis dari layanan resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini, ada beberapa prosedur yang harus dijalani:

  • Lakukan tes PCR atau antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.
  • Cek status NIK sebagai pasien dari WA Kemenkes RI (081110500567) atau lakukan secara mandiri di https://isoman.kemkes.go.id.
  • Pilih layanan konsultasi telemedisin dari ponsel dan masukan kode voucher ISOMAN dalam layanan.
  • Lakukan konsultasi dengan dokter untuk menginformasikan bahwa kamu mendapatkan WA dari Kemenkes RI atau kirimkan bukti verifikasi NIK dari website ISOMAN.
  • Dokter akan memberikan resep digital dalam bentuk PDF atau JPG.
  • Lakukan penebusan resep.
  • Simpan tracking ID untuk cek status pengiriman dari Apotek Kimia Farma terdekat.

Fitur Baru Tebus Obat Sendiri

Kini, Kemenkes memperbaiki layanan dengan mempermudah keluarga pasien untuk menebus obat sendiri ke Apotek Kimia Farma yang sudah ditunjuk oleh sistem.

Tebus obat juga bisa dilakukan dengan layanan ojek online dan/atau wali pasien dengan keadaan sehat untuk mengambil paket obat, dengan biaya pengiriman yang ditanggung sendiri oleh pasien (jika menggunakan ojek online).

Beberapa paket obat gratis yang disiapkan Kemenkes akan didapatkan pasien sesuai dengan gejala dan tingkat keparahannya masing-masing.

Untuk pasien tanpa gejala akan mendapatkan paket obat A yang terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet. Sementara untuk pasien gejala ringan akan mendapat paket obat B terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir, atau Molnupiravir.

Obat gratis ini hanya dapat diakses pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan. Bagi pasien dengan gejala sedang hingga berat dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News