Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

ALIS memiliki fungsi untuk mengekspresikan wajah. Alis juga melindungi mata seseorang dari keringat, hujan, dan ketombe yang jatuh ke wajah. Alis bekerja dengan menyerap materinya dan surut yang ada pada alis juga akan mengarahkan materi agar jatuh dari mata.

Karenanya fungsinya tersebut, kesehatan alis harus selalu dijaga. Nah, seorang spesialis alis Joey Healy mengatakan, ada satu kebiasaan dalam perawatan alis yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

“Jangan lakukan waxing alis. Waxing kasar pada kulit. Ada panas, ada bahan kimia dan itu menghilangkan lapisan atas kulit. Luka bakar yang dirasakan setelah wax berpotensi memiliki efek jangka panjang,” kata Healy.

Waxing, menurut Healy, bisa memecah kolagen dan elastin di sekitar area mata. Jika kulit rusak, percepatan penuaan kulit di sekitar mata, seperti kendur dan keriput, sangat mungkin terjadi.

Begitu juga dengan penggunaan accutane yang mengandung retinol atau isotretinoin. Pemakaiannya pada alis busa membuat kulit jadi lebih sensitif, rasa terbakar, ruam, dan iritasi yang sangat parah.

Pinset untuk Alis Lebih Baik

Untuk saat ini, Healy menyarankan untuk tetap menggunakan pinset untuk membentuk alis. Memang butuh waktu yang lebih lama, tetapi jauh lebih lembut di kulit.

Namun jika kamu tetap ingin menggunakan waxing karena mencabut memunculkan rasa sakit yang lebih besar dibandingkan waxing, sebaiknya tambahkan serum alis agar kulit tidak cepat rusak.

“Berbeda dengan body waxing (menghilangkan bulu ketiak atau kaki), daerah tersebut punya kulit yang lebih kebal dan kenyal, sehingga kerusakannya tidak akan parah. Sedangkan area mata sangat sensitif, jadi harus ekstra hati-hati,” saran Healy.

Perawatan Alis yang Benar

Alis termasuk salah satu bagian wajah yang sangat penting. Banyak orang yang tidak percaya diri keluar rumah tanpa membentuk alis mereka terlebih dulu.

Lakukan perawatan ini agar alis tetap sehat dan tebal secara alami:

  • Biarkan tumbuh dengan sempurna.
  • Sisir alis dengan rutin.
  • Cabut alis setelah mandi dengan air hangat.
  • Oleskan petroleum jelly pada alis sebelum menggunakan produk skincare.

Meski terkesan sepele dan sering dilupakan, cara merawat alis tetap perlu dilakukan. Alis yang tebal, tidak mudah rontok, dan lembut menunjukkan ciri-ciri alis yang sehat.




5 Padu Padan Jumpsuit Denim dan Katun yang Bikin Penampilanmu Super Stylish

Sebelumnya

Kenali Manfaat Retinol bagi Kecantikan Kulit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA