KOMENTAR

BEBERAPA perempuan yang memiliki suami perokok sering merasa kewalahan saat memintanya menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Padahal jika dilihat dari sisi medis, bahaya rokok lebih banyak jika dibandingkan dengan manfaatnya. Selain mengganggu kesehatan, merokok juga merupakan salah satu pemborosan di anggaran rumah tangga.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan kebiasaan merokok suami, di antaranya adalah dengan memberikan makanan sehat yang dapat mengurangi keinginan merokok.

Apa saja makanan yang bisa membantu suami mengatasi kecanduan merokok? Berikut ini tujuh di antaranya.

Oatmeal

Bahan alami yang ada di dalam oatmeal mampu mengurangi keinginan perokok untuk menikmati nikotin. Berikan semangkuk oatmeal dalam menu sehari-hari yang dikonsumsi oleh suami, biasanya untuk sarapan pagi. Apabila dilakukan secara teratur, maka secara perlahan keinginan suami untuk merokok bisa berkurang.

Permen karet

Orang yang kecanduan merokok, kerap merasa gelisah saat keinginan merokok muncul. Untuk mengatasinya, kita bisa memberikan permen karet pada suami. Agar lebih sehat, berikan permen karet yang bebas gula.

Susu

Berikan susu dan produk turunannya pada menu makanan suami. Beberapa studi mengatakan bahwa susu bisa mengurangi keinginan merokok. Beberapa perokok mengeluh rasa rokok menjadi pahit.

Jeruk

Mengonsumsi jeruk dapat mengalihkan keinginan perokok untuk mengonsumsi nikotin. Rasa asam manis yang ditimbulkan oleh jeruk dapat menimbulkan rasa segar yang dapat merangsang untuk minum air putih. Selain itu rasa segar pada jeruk juga menunda keinginan untuk merokok.

Wortel

Mengonsumsi wortel dalam bentuk jus akan memberikan pengaruh rokok seperti susu. Rokok akan terasa tidak enak. Selain membuat rokok menjadi tidak enak, mengonsumsi wortel akan membuat jantung dan mata lebih sehat.

Makanan mengandung alkali

Makanan yang mengandung alkali seperti brokoli, bayam, apel dan buah-buahan lain dapat membantu mengeluarkan nikotin dari dalam tubuh. Dengan berkurangnya kadar nikotin di dalam tubuh, maka secara perlahan keinginan merokok akan berkurang.

Untuk menghentikan kebiasaan merokok yang dilakukan oleh suami memang tidak mudah. Namun dengan kesabaran dan ketelatenan ekstra, kita dapat membantunya melepaskan diri dari kecanduan rokok. 

Selain memberikan makanan sehat tersebut, ajak suami untuk berolahraga ringan secara rutin seperti jalan kaki. Jangan lupa ingatkan untuk meminum air putih minimal 8 gelas sehari agar lebih sehat.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family