Parade fesyen IN2MOTIONFEST/ FARAH
Parade fesyen IN2MOTIONFEST/ FARAH
KOMENTAR

ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival) merupakan acara tahunan terbesar di Indonesia yang menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar).

Memasuki tahun ke-9 penyelenggaraannya, ISEF digelar secara hybrid dengan tema Recover Together Recover Stronger: Optimizing Sharia Economy and Finance For Inclusive Recovery, bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 5-9 Oktober 2022.

Salah satu industri halal yang menjadi pilar ekonomi syariah di Indonesia adalah modest fashion. Pelaksanaan ISEF tahun ini menjadi istimewa karena Bank Indonesia menginisiasi IN2MOTIONFEST (Indonesia International Modest Fashion Festival) perdana yang berisi pameran fesyen dan 17 slot fashion show yang menampilkan 163 desainer ternama Indonesia dan luar negeri.

Pada hari pertama IN2MOTIONFEST, digelar fashion parade bertajuk “Ready To Wear , Deluxe Street Wear” yang hasil karya desainer Indonesia, yaitu Hannie Hananto, Najua Yanti, Iva Lativah, Lia Soraya X Mazulabel, Lily Gunawan, Ina Priyono X Lamops, Sessa by Monika Jufry X HijabersMom Community Lombok, Rimpu Mbojo Irna La Perle Heritage X HijabersMom Community Lombok, Jeny Tjahyawati X Buccheri.

Hannie Hananto X HijabersMom Community Lombok

Hasil karya desainer ini terinspirasi dari keindahan alam pantai Pulau Lombok (NTB). Para model tampil dengan memegang payung bermotif  dan pakaian berwarna tegas seperti merah, hitam dan hijau terang yang dipadukan dengan tenun Sukarare, khas Lombok.

Bentuk desain ada yang berupa terusan seperti gamis, dan ada juga setelan yang dipadukan dengan bawahan tabrak motif garis dan kotak bergambar nuansa pantai. Dengan penutup kepala berwarna terang, berbentuk menyerupai jamur menambah keunikan pada hasil rancangannya.

Najua Yanti X HijabersMom Community Lombok

Desainer ini mengusung tema The Acculturation, yang merupakan penggabungan dari wastra Indonesia seperti tenun dan lurik yang dipadukan dengan motif Candi Borobudur. Pakaian yang ditampilkan berupa long dress, outer dan rompi yang memiliki potongan yang longgar dan simpel, sehingga terlihat nyaman dikenakan.

Iva Lativah

Warna-warna yang ditampilkan oleh desainer ini berwarna terang seperti ungu, hijau neon, kuning, dengan outer motif garis-garis dan bunga-bunga serta bawahan bergambar batik. Kian unik dengan penutup kepala menyerupai turban.

Lia Soraya X Mazulabel

Desainer ini menampilkan model pria dan wanita yang menggunakan stelan kasual yang memadukan warna biru putih dan cokelat putih serta dengan topi dan sepatu putih sebagai pelengkapnya. 

 

Lily Gunawan

Pakaian yang ditampilkan berupa rok berwarna hitam dan atasan kotak-kotak berwarna terang seperti merah dan biru yang merupakan motif Tenun Mandar, wastra khas Sulawesi Barat. Beberapa atasan yang berwarna polos memiliki aksen kain tenun pada bagian belakang. Adapun penutup kepala yang digunakan berwarna polos seperti ungu dan hitam.

Ina Priyono X Lamops

Desain yang ditampilkan merupakan paduan biru tua dan biru muda yang menambahkan motif tenun sebagai aksen. Selain itu terdapat pula obi berwarna kuning dan penutup kepala yang memadukan inner hitam dan hijab berwarna kuning.

Sessa by Monika Jufry X HijabersMom Community Lombok

Desain ini menampilkan warna-warna kalem seperti cream, abu-abu, dan ungu muda.  Dengan hijab berwarna pastel seperti hijau dan coklat susu. Sebagian rok menggunakan bahan tule dengan atasan berbahan jatuh yang polos.

Rimpu Mbojo Irna La Perle Heritage X HijabersMom Community Lombok

Desainer Irna Mutiara mengusung tema Rimpu Mbojo Irna La Perle Heritage yang berkolaborasi dengan Hijabers Mom Community Lombok. Terinspirasi dari sebuah suku di Bima yang bernama Rimpu Mbojo, yang memiliki ciri khas dalam menggunakan hijab, desain ini digambarkan menggunakan sarung bermotif kotak-kotak layaknya niqab. Pakaian yang ditampilkan menggunakan tenun khas Bima, Nusa Tenggara Barat dengan warna-warna seperti merah marun, hitam dan biru.

Jeny Tjahyawati X Buccheri

Desainer ini menampilkan warna hijau terang, dengan rok plisket dan outer bermotif batik. Penampilan makin memukau dengan penutup kepala berwarna senada dengan aksen topi kecil diatasnya.




Lengkapi Busana Kerjamu dengan Koleksi Syakeph Official x Anggiasari Mawardi

Sebelumnya

Hijab Pashmina untuk Gaya Simpel nan Anggun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga