Dua pasangan kerajaan Inggris muncul di hadapan publik di Istana Windsor (10/9/2022)/ Reuters
Dua pasangan kerajaan Inggris muncul di hadapan publik di Istana Windsor (10/9/2022)/ Reuters
KOMENTAR

DUA pasangan kerajaan Inggris, Pangeran William & Kate Middleton serta Pangeran Harry & Meghan Markle membuat penampilan publik pertama mereka sejak kematian Ratu, menyapa rakyat yang menyampaikan belasungkawa di luar Istana Windsor (10/9/2022).

Untuk pertama kalinya kedua pasangan terlihat bersama sejak pengunduran diri Pangeran Harry dan Meghan dari kehidupan kerajaan yang dipublikasikan secara luas setelah serangkaian kontroversi.

Keempatnya muncul tak lama setelah Pangeran William merilis pernyataan yang menjanjikan dukungan penuhnya kepada Raja Charles sekaligus memuji mendiang neneknya sebagai Ratu yang luar biasa.

Kemunculan mereka mengajutkan banyak orang. Pasangan itu turun dari dua kendaraan roda empat dan berjalan bersama untuk melihat penghormatan kepada mendiang Ratu.

Kerumunan awalnya bersorak menyaksikan keempatnya sebelum keheningan menyelimuti mereka, sementara keluarga membaca catatan dan melihat bunga yang ditinggalkan di gerbang.

Kedua pasangan kemudian berbicara dengan mereka yang berbaris di sepanjang penghalang. William dan Kate mengambil satu sisi dari Long Walk, sementara Harry dan Meghan mengambil sisi lain, menerima bunga dan berjabat tangan.

Pangeran William terdengar memberi tahu seseorang di antara kerumunan bahwa hari-hari setelah kematian neneknya adalah seolah "tidak nyata".

"Kami semua mengira dia tak terkalahkan," ungka William, seperti dilaporkan Reuters.

Setelah sekitar 40 menit berbicara dengan anggota masyarakat, kedua pasangan itu kemudian pergi dengan mobil yang dikendarai Pangeran William.

Tak hanya mereka, untuk pertama kalinya pula Pangeran Andrew, Pangeran Edward, dan Putri Anne terlihat di depan umum sejak kematian Sang Ratu. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada para pelayat di luar Istana Balmoral.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun pada 8 September 2022. Dunia kehilangan seorang perempuan pemimpin monarki Inggris yang berkuasa selama 70 tahun, yang menjadi bagian penting dari sejarah modern.

Putra sulung Sang Ratu naik tahta bergelar Raja Charles III. Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II, entah kapan lagi Inggris akan dipimpin oleh seorang perempuan.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News