Keluarga Pangeran William, penerus tahta Kerajaan Inggris/Net
Keluarga Pangeran William, penerus tahta Kerajaan Inggris/Net
KOMENTAR

RATU Elizabeth II adalah Ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat dan teritori beserta dependensinya. Beliau juga ketua dari 54 negara-negara persemakmuran. Dan, Ratu Elizabeth juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris.

Ratu Elizabeth II memiliki 4 orang anak, yaitu Raja Charles III, Pangeran Andrew (Adipati York), Putri Anne, dan Pangeran Edward (Earl dari Wessex).

Sepeninggal Ratu Elizabeth II, yang wafat di usia 96, Kamis (8/9) waktu Inggris, tahta kerajaan Inggris resmi dipegang oleh Raja Charles III. Sejak lahir, Pangeran Charles memang sudah dipersiapkan untuk menggantikan Ratu Elizabeth. Ia adalah putra sulung dari Ratu dengan Pangeran Philip.

Dengan duduknya Raja Charles di tahta kerajaan, maka urutan pewaris tahta pun ikut berubah. Sejauh ini, ada 26 orang yang masuk dalam daftar pewaris tahta kerajaan Inggris.

Berikut ini 3 besar urutan pewaris tahta kerajaan Inggris.

  • Pangeran William

Pangeran William adalah anak dari Raja Charles III dengan mendiang Putri Diana. Saat ini, Pangeran Willian bekerja sebagai pilot helikopter Royal Air Force dan East Anglian Air Ambulance, sebelum pada 201 mundur dan fokus pada tugas kerajaan. Ia menikah dengan Kate Middleton dan dikarunia 3 anak.

  • Pangeran George

Pangeran George adalah anak dari Pangeran Willian dan Kate Middleton. Ia berada di urutan ketiga pewaris kerajaan. Sejak kecil, ia sering diikutsertakan dalam kegiatan kerajaan, sebagai persiapan untuk menjadi raja.

  • Putri Charlotte

Adalah anak kedua dari Pangeran Willian. Putri Charlotte menjadi perempuan pertama dan termuda dalam daftar urutan pewaris kerajaan.

Berdasarkan Succession to the Crown Act yang dibuat 2013, seorang perempuan dari keturunan laki-laki pertama diperbolehkan masuk ke dalam daftar pewaris tahta. Namun aturan ini tidak berlaku bagi keluarga kerajaan yang lahir sebelum 2013.

Demikianlah nama-nama yang akan menjadi pewaris tahta Kerajaan Inggris, usai Raja Charles III berkuasa.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News