post image
Ariel Noah saat berlibur bersama putri tunggalnya Alleia Anata/ Net
KOMENTAR

JADI single mom yang mengurus buah hati, mungkin hal biasa. Tapi bagaimana dengan single dad atau ayah tunggal? Pasti kebayang, bagaimana repotnya membesarkan anak seorang diri. Apalagi kodrat laki-laki bukanlah sebagai ‘pengasuh’, tapi pencari nafkah.

Tapi ternyata, pandangan tersebut bisa dipatahkan. Contohnya saja Deddy Corbuzier dan Ariel Noah. Kedua selebriti ini sukses membesarkan anak tanpa pendamping. Bahkan Azkanio Nikola Corbuzier, anak Deddy, berhasil menjadi lulusan terbaik di sekolahnya.

Begini gaya macho para single dad dalam mengasuh anak, yang bisa ditiru:

1. Jangan lewatkan 3 momen penting
Saat menjadi orangtua tunggal, Deddy mengaku tidak mau melewatkan 3 momen penting dalam keseharian Azka. Momen tersebut adalah mengantar dan menjemput sekolah, serta menemani Azka sebelum tidur. Menurut Deddy, itu adalah quality time yang tidak bisa digantikan dengan apapun.

2. Berikan anak kebebasan
Poin berikutnya adalah memberikan kebebasan kepada anak, baik itu soal pemeilihan sekolah, kegemaran, dan cita-cita. Jangan pernah memaksa anak untuk menjadi seperti Ayah. Dengan begitu, anak akan belajar bagaimana bertanggung jawab.

3. Sabar mendampingi
Anak ‘broken home’ terkadang punya perilaku yang ‘agak menyebalkan’. Di sini peran Ayah sangat penting untuk mendampinginya. Meyakinkan anak bahwa semua akan baik-baik saja, dan memberikan pengertian bahwa Ayah akan selalu ada untuk menemaninya.

4. Pilih pekerjaan yang memudahkan untuk dekat dengan anak
Ada baiknya jika Ayah memilih pekerjaan yang bisa tetap dekat dengan anak. Tetap bisa membagi waktu, terutama di saat-saat tersulit mereka.

5. Tetap berhubungan baik dengan mantan
Bagi single dad yang berpisah karena perceraian, ada baiknya tetap menjalin hubungan baik dengan mantan istri. Singkirkan dulu ego dan fokuslah pada membesarkan anak bersama-sama.

Memang tidak semudah yang dibayangkan, tapi tidak ada salahnya Ayah mencoba untuk memperbaiki hubungan dengan anak. Jadikan mereka teman dan libatkan ia dalam setiap pengambilan keputusan.

Quality time adalah kunci, bagaimana single dad bisa sukses mengurus anak dengan kesendiriannya.




Jangan Suka Menakut-nakuti Anak, Ini 5 Dampak Buruknya secara Psikologis

Sebelumnya

6 Langkah Mengajari Anak Toilet Training

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting