post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

RINGWORM merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dengan gejala berupa ruam melingkar menyerupai cincin yang berwarna merah dan terasa gatal.

Infeksi yang ditimbulkan karena jamur ini  bisa muncul di berbagai bagian tubuh seperti kulit kepala, telapak kaki, tangan dan kuku.

Penularan jamur ini dapat terjadi melalu kontak langsung saat bersentuhan dengan penderitanya melalui benda-benda seperti pakaian, handuk, sisir dan tempat tidur, serta hewan peliharaan seperti kucing, bahkan tanah. Infeksi yang ditimbulkan bisa muncul di berbagai bagian tubuh seperti kulit kepala, telapak kaki, tangan dan kuku.

Jenis Ringworm

Ada 3 jenis jamur yang menyebabkan ringworm, yaitu Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Spora jamur tersebut dapat hidup lama di dalam tanah, sehingga dapat menjangkiti manusia atau hewan yang kontak langsung dengan tanah.

Infeksi jamur yang disebabkan oleh ringworm ada beberapa jenis, yaitu :

Tinea Pedis

Dikenal sebaga kutu air atau kaki atlet (athlete’s foot), yaitu infeksi jamur yang menyerang kulit kaki. Jamur ini menempel di kaki yang bersentuhan dengan benda yang terkontaminasi jamur, misalnya di kamar mandi, ruang ganti atau area kolam renang. Tidak hanya menyerang kaki, infeksi ini dapat juga menyebar ke kulit tangan.  Umumnya yang terkena infeksi ini adalah para atlet, karena mereka selalu menggunakan kaus kaki dan sepatu, dan ketika berolahraga kakinya berkeringat.

Tinea Cruris

Ini adalah infeksi jamur yang terjadi di kulit area genital atau paha bagian dalam (selangkangan) dan pantat yang sifatnya menular.

Gejala yang dtimbulkan adalah kulit kemerahan dan gatal serta ada sensasi rasa terbakar dan mengelupas.

Tinea Capitis

Yaitu Infeksi jamur ringworm yang terjadi pada area kulit kepala dan rambut, umumnya infeksi ini terjadi pada anak-anak.

Gejala yang ditimbulkan adalah rambut rapuh, sakit pada kulit kepala, demam serta pembengkakan kelenjar getah bening. Infeksi ini menimbulkan bercak kecil melingkar yang gatal dan bersisik.

Penularannya dapat disebabkan oleh sisir atau alas tidur yang terkontaminasi jamur ringworm, tidak hanya dari manusia, jamur ini dapat ditularkan melalui hewan seperti sapi, kambing dan kucing.

Tinea Corporis

Gejala yang ditimbulkan oleh infeksi ini adalah ruang melingkar seperti cincin yang terasa gatal dan terjadi pada beberapa bagian tubuh.

Pada fase yang parah, infeksi ini menimbulkan luka melepuh dan bernanah.

Seperti halnya infeksi ringworm yang lain, penyakit ini dapat ditularkan melalui sentuhan langsung dengan benda yang terkontaminasi.

Pencegahan Infeksi Jamur Ringworm

Untuk menghindari infeksi yang disebabkan oleh jamur ini,hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan seperti :

Membersihkan tempat tidur setiap hari.

Mandi setidaknya 2 kali sehari.

Mengeringkan tubuh secara menyeluruh setelah mandi.




Benarkah Asam Urat Tinggi Picu Kolesterol Tinggi? Apa Bahayanya?

Sebelumnya

Seberapa Efektif Ekstrak Cacing Tanah dalam Mengobati Tipes?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health