Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

TUBUH manusia sebagian besar terdiri dari air. Karena itu, kebutuhan manusia akan air sangat besar.

Air mineral adalah minuman yang kaya manfaat, karena mudah diserap oleh tubuh. Apalagi jika mengonsumsi air putih disaat perut kosong, ada banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Seperti ditulis boldsky.com ada 10 manfaat mengonsumsi air putih saat perut kosong, yaitu:

1. Memperlancar buang air besar

Beberapa penelitian kesehatan menyatakan, pagi hari adalah jam normal untuk buang air besar. Saat Anda mengalami kesulitan untuk BAB, segera perbanyak minum air putih saat bangun tidur, karena air putih akan mendorong kotoran keluar.

2. Detoksifikasi

Air putih juga sangat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Hasilnya akan lebih maksimal jika diminum saat perut masih kosong.

3. Membantu membiasakan diri untuk sarapan

Sarapan sebenarnya sangat penting bagi seseorang, terutama untuk memulai aktivitas. Tapi, tidak semua orang merasa lapar di pagi hari. Solusinya, minumlah air putih saat bangun tidur, karena itu akan membuat Anda merasa lapar di pagi hari.

4. Mengatasi sakit kepala

Sering mengalami sakit kepala? Itu bisa jadi karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Nah, minum air putih saat perut kosong bisa mengatasi sakit kepala.

5. Membersihkan usus

Air putih juga membantu untuk membersihkan usus. Akan lebih efektif jika air putih itu diminum sesegera mungkin di pagi hari, agar usus bekerja maksimal setelah dibersihkan.

6. Meningkatkan sistem metabolisme

Air putih juga bisa membantu meningkatjan sistem metabolisme. Dengan metabolisme yang sehat, maka tubuh Anda memiliki kemampuan untuk menyerap dan mencerna makanan dengan lebih cepat, sehingga tidak mengakibatkan kegemukan.


7. Merangsang pertumbuhan sel darah

Kehebatan lain mengonsumsi air putih saat perut kosong adalah merangsang pertumbuhan sel darah, sehingga Anda akan lebih bersemangat memulai hari.

8. Menurunkan berat badan

Nah, ini yang paling penting. Jika Anda berniat untuk diet, cobalah untuk diet dengan menggunakan air putih. Konsumsi air putih saat perut kosong sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Karena selain meningkatkan metabolisme tubuh, maka lemak juga akan ikut keluar.

9. Mencerahkan kulit

Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih adalah rahasia untuk kulit yang cerah dan bersinar. Mengapa? Karena proses detoksifikasi mampu membersihkan jerawat dan lemak lainnya di kulit.

10. Meningkatkan imunitas

Minum air putih sudah pasti akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Hasilnya Anda akan terhindar dari berbagai penyakit infeksi kulit.

Jadi tidak hanya sekadar air putih, namun segudang manfaatnya sangat nyata. Apalagi jika diminum saat perut kosong atau sesaat setelah bangun tidur.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health