KOMENTAR

ADA yang istimewa dalam tampilan Doodle Google hari ini. Dalam doodle yang muncul di halaman awal pencarian, pengguna dapat melihat ilustrasi  32 wajah perempuan dari aneka etnis dan negara dengan beragam gaya. Dalam Doodle ini, terdapat gambar bola dunia dengan ikon play di bagian tengahnya. Munculnya Doodle dengan tema ini tentunya tak luput dari peringatan Hari Perempuan Internasional 2022 yang diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Doodle yang ditampilkan ini, mengambarkan tentang bagaimana wanita tampil untuk diri mereka sendiri, keluarga mereka, dan komunitas mereka. Dengan mengklik ikon play di Doodle, pengguna Google akan melihat berbagai macam profesi dan kegiatan yang dapat dilakukan oleh perempuan di seluruh dunia. Mulai dari menjadi ibu rumah tangga, dokter, berkebun, perancang busana, bekerja di bengkel hingga menjadi pengamat hewan liar.

Dalam keterangannya, Google menuliskan bahwa Doodle Hari Perempuan Internasional tahunan hari ini adalah tayangan slide animasi yang membawa kita ke seluruh dunia untuk melihat sekilas kehidupan sehari-hari para perempuan  di berbagai negara dengan segala kegatannya.

Dari seorang ibu yang bekerja dari rumah hingga montir sepeda motor yang mengajarkan keterampilannya kepada generasi berikutnya, setiap ilustrasi yang digambarkan dalam Doodle hari ini terhubung oleh benang merah tentang bagaimana wanita tampil untuk diri mereka sendiri, keluarga mereka, dan komunitas mereka.

Ilustrator yang membuat doodle tersebut, Thoka Maer, mengatakan bahwa ia berharap ketika orang lain melihat doodle yang dibuatnya akan berpikir bahwa perempuan harus dihargai untuk apa pun yang dilakukannya.

Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tahun untuk menandai dan merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan dan meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan perempuan, mempercepat kesetaraan gender.

Tema yang diusung untuk perayaan tahun 2022, mengutip dari situs UN Women adalah Gender equality today for a sustainable tomorrow atau Kesetaraan hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sendiri  secara resmi mengakui peringatan Internasional Women's Day. Hal ini kemudian disusul dengan keputusan Majelis Umum PBB untuk memperingati Hari Perempuan Internasional setiap tahunnya sesuai dengan sejarah dan tradisi nasional negara anggota.

 




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News