post image
Bupati Luwu Utara periode 2016 – 2026, Hj. Indah Putri Indriani, S.IP., M.Si.
KOMENTAR

MENJABAT Bupati Luwu Utara periode 2016 – 2026, Hj. Indah Putri Indriani, S.IP., M.Si. merupakan perempuan pertama yang menjadi pemimpin daerah di Provinsi Sulawesi Selatan, sekaligus menjadi perempuan pertama yang berhasil menjadi Bupati dua periode berturut-turut.

Istri anggota DPR RI Muhammad Fauzi ini dikenal sebagai sosok cerdas, cekatan, dan berparas cantik. Sebelum naik menjadi bupati, ia merupakan Wakil Bupati Luwu Utara periode 2010 – 2015. Tak berlebihan bila dikatakan ia telah 'khatam' berbagai permasalahan di daerahnya dan sangat optimis untuk memajukan masyarakat.

Saat pandemi COVID-19, sosoknya sempat viral di jagat media sosial pada Juni 2020 lantaran ikut naik motor trail menembus medan berlumpur demi mengantarkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ke sejumlah desa terpencil di Kecamatan Seko.

Di penghujung tahun 2021, Bupati Indah membuat gebrakan dengan menginisiasi "Sagu Day" di Hotel Claro, Makassar sebagai langkah mempromosikan makanan sagu agar 'naik kelas'. Sagu Day siap digelar setiap akhir pekan.

Sagu Day adalah langkah kreatif untuk menghadirkan menu sagu di hotel dan restoran. Berbagai menu makanan berbahan dasar sagu di antaranya kapurung, ka'do boddong, dan kue rangi, tidak hanya sehat tapi juga memiliki nilai ekonomis tinggi.

Bukan semata bicara makanan, kampanye tersebut diharapkan akan memberi dampak signifikan terhadap kesejahteraan para petani sagu. Pemda Luwu Utara berupaya mengangkat sagu sebagai komoditi andalan melalui peningkatan pendapatan petani pemilik kebun sagu dan semua stakeholder terkait.

Balai Penelitian Tanaman Palma Kementerian Pertanian menyebutkan sagu adalah salah satu tanaman palma yang sangat dekat dengan masyarakat Luwu Utara. Tak hanya menjadi bahan dari aneka kuliner Luwu Utara, logo kabupaten yang dipimpin Bupati Indah ini juga mencantumkan tanaman sagu.

Dalam pengabdiannya untuk masyarakat Luwu Utara, Bupati Indah memiliki semangat untuk "turun tangan, bukan angkat tangan" yang bisa diartikan dengan "sedikit bicara banyak bekerja". Dalam melaksanakan tugasnya, Bupati kelahiran 7 Februari 1977 itu memang tak ragu untuk turun langsung ke lapangan, memastikan sebuah pekerjaan berjalan sesuai rencana dan mencapai target.

Sang Bupati juga dikenal dekat dengan rakyat Luwu Utara. Ia kerap mendatangi masyarakat daerah-daerah terpencil untuk mendengar keluh kesah mereka. Bupati Indah juga tak pernah absen dalam kegiatan sosial yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

Sebelum terjun ke dunia politik, Indah dikenal sebagai seorang akademisi. Ia lulus S1 Jurusan Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin dan S2 Jurusan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Ibu dua putri ini pernah mengajar di Universitas Indonesia, Universitas Bung Karno, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta selama kurun waktu 2000 – 2015.



Close X

Zhafira Aqyla, Youtuber Muda yang Menginspirasi Generasi Z Lewat Platfom Edukasi Seksual Berbasis Islam

Sebelumnya

Kisah Salama Mohamed: Dari Vitiligo, Self-Love, hingga Keromantisan di Balik Konten Humor Satire

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women