post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

RASULULLAH saw. memberikan tuntunan kepada orangtua untuk mendidik anak-anaknya dengan baik. Dan sudah menjadi kewajiban orangtua mendidik anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Memang, mendidik anak bukanlah perkara yang mudah. Karenanya, Nabi Muhammad saw. memberikan empat pesan kepada para orangtua untuk mendidik anak sesuai ajaran Islam.

Little zam official dalam akun instagramnya menjabarkan hal berikut:

1. Kenalkan kalimat tauhid, Laa Ilaaha Illallah

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, "Bukalah kalimat pertama pada bayi-bayi kalian dengan kalimat Laa Ilaaha Illallah." (HR Baihaqi)

Menurut Musthafa Abul Muathi dalam bukunya berjudul, "Ingin anak Anda Rajin Shalat?" terbitan Aqwam Jembatan Ilmu, hikmah yang terkandung dalam hadis tersebut adalah agar kalimat tauhid dan syiar Islam menjadi kalimat pertama yang didengar bayi.

Diriwayatkan bahwa Abu Waqi berkata, "Saya melihat Rasulullah Saw mengumandangkan azan di telinga Hussain bin Ali ketika dilahirkan Fatimah." (HR Abu Dawud)

Tidak dipungkiri, pengaruh azan akan sampai ke hati dan menumbuhkan kepekaan terhadap panggilan-nya, meskipun ia belum dewasa.

2. Kenalkan hukum halal dan haram sejak usia dini

Penting bagi orangtua mengenalkan hukum halal dan haram sejak dini agar anak terbiasa mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Ada beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk mengenalkan hukum halal dan haram kepada si kecil:

• Kenalkan lewat Alquran dan hadits. Ajak anak membaca, mengkaji, atau menghafal ayat dan hadits tentang halal. Misalnya surah Al Maidah: 3. Atau hadits yang berbunyi, "Tidak akan masuk surga siapa saja yang dagingnya tumbuh dari makanan yang haram. Neraka lebih utama untuknya." (HR Ahmad)

• Mengenalkan label halal. Usahakan untuk membeli makanan atau minuman yang sudah berlabel halal.

• Dampingi anak saat melihat televisi. Ajarkan pada anak bahwa tontonan yang dilihatnya halal atau tidak.

• Ajak anak ke pameran halal. Di sana pastinya tersedia aneka ragam produk halal. Dengan begitu anak tahu, masih banyak produk halal yang bisa dijadikan pilihan.

• Ajarkan cara memperoleh makanan halal. Contohnya, beritahu kepada anak bahwa makanan yang dibeli dari hasi mencuri, korupsi, atau menipu haram dikonsumsi.

3. Saat anak 7 tahun, perintahkan untuk ibadah

Saat anak berusia 7 adalah waktu yang tepat baginya untuk mengenal dan memahami hukum-hukum ibadah.

Dari Amr bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya berkata, "Rasulullah saw. bersabda: 'Perintahkan anak-anakmu melaksanakan sholat sedang mereka berusia 7 tahun dan pukullah mereka karena tinggal sholat sedang mereka berusia 10 tahun dan pisahkan antara mereka di tempat tidurnya'."

4. Ajarkan anak mencintai Rasulullah saw. dan keluarganya, juga membaca Alquran

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh At Tabrani dari Ali bin Abi Thalib ra, Rasulullah bersabda, "Didiklah anak-anak mu atas tiga hal, mencintai nabimu, mencintai ahli baitnya, dan membaca Alquran. Sebab orang yang mengamalkan Alquran nanti akan mendapatkan naungan Allah pada hari ketika tiada naungan kecuali dari-Nya bersama para nabi dan orang-orang yang suci."

Dalam surat An-Nisa ayat 9 Allah berfirman, "Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatirkan terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar."

Jadi Ayah Bunda, persiapkan bekal yang baik untuk keturunan kita masing-masing dengan ahlak dan perbuatan yang baik.

 

Anak Tantrum di Depan Umum, Ini 6 Cara Menanganinya

Sebelumnya

Berisiko Kejang Hingga Buta, 6 Bagian Tubuh Anak Ini Tidak Boleh Kena Pukulan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting