Luna Maya/ Net
Luna Maya/ Net
KOMENTAR

LUNA Maya baru saja merayakan hari ulang tahun ke-38 pada 26 Agustus lalu. Perempuan kelahiran Denpasar ini ternyata punya cara tersendiri untuk merayakan hari bahagianya.

Di hadapan Deddy Corbuzier, Luna mengaku sudah beberapa tahun terakhir memanfaatkan hari ulang tahunnya untuk menggalang kepedulian terhadap sesama. Menurut Luna, bentuk kepedulian itu tidak selalu sama.

"Beberapa tahun lalu waktu ulang tahun , saya minta followers dan fans menyumbangkan sedikit uang mereka untuk membantu seorang anak yang terkena kanker," ujar Luna seperti diunggah kanal YouTube Deddy Corbuzier (31/8/21).

Adapun tahun ini, Luna memilih untuk berbagi dengan anak-anak penyandang autisme. Melalui Cagar Foundation (Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah), Luna menggalang dana untuk membantu anak penyandang autisme.

"Sekarang ini banyak orang yang fokus di Covid (membantu mereka yang terdampak pandemi-red). Kadang-kadang ada sektor yang terlupakan. Bukan berarti saya tidak peduli dengan mereka yang terkena Covid. Beberapa hari sebelum ulang tahun, saya mengajak teman-teman menyumbang ke Cagar Foundation agar anak-anak autis ini tetap ada yang memperhatikan ," ujar Luna saat ditanya mengapa ia memilih berbagi dengan anak-anak autis.

Menurut Luna, dana tersebut salah satunya akan digunakan untuk meningkatkan nutrisi anak-anak autis, terlebih banyak dari mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Apa yang dilakukan Luna Maya itu diapresiasi oleh Deddy. Ayah Azka Corbuzier itu memuji Luna yang tidak mementingkan kesenangan pribadi di hari ulang tahunnya tapi justru menyisihkan rezeki untuk peduli pada anak penyandang autisme.

Tanpa basa-basi, Deddy menyerahkan koper merah berisi uang 500 juta rupiah kepada Luna untuk disumbangkan kepada anak-anak autis.

Uang tersebut diperoleh dari Indonesia PASTI BISA, platform penggalangan bantuan yang berawal dari gerakan kebersamaan di masa pandemi Covid-19. #IndonesiaPASTIBISA berfungsi sebagai wadah terbuka bagi berbagai kalangan, figur publik, pengusaha, serta perusahaan untuk memberi bantuan dalam bentuk apa pun.

Sambil mengucapkan terima kasih, Luna menekankan bahwa uang tersebut adalah amanah yang harus ia jaga dan sampaikan kepada yang berhak. Luna mengutarakan niat membagi-bagikan uang 500 juta tersebut tak hanya untuk anak-anak autis tapi untuk orang-orang lain yang membutuhkan agar lebih banyak yang terbantu.

Deddy penasaran mengapa Luna mau peduli terhadap kesulitan orang lain dan tergerak membantu.

"Enggak tahu juga ya...hati yang berbicara. Salah satu doa di hari ulang tahun saya...saya sedang merintis satu bisnis yang saya harap akan jadi sangat besar nantinya... saya mau jadi orang kaya banget banget banget sampai saya enggak berpikir lagi tentang diri saya sendiri, saya mau memikirkan orang lain," kata Luna.

Menurut Luna, saat ini mungkin baru 10% kebaikan yang ia lakukan dengan membantu sesama.  Ia ingin 'adil', dalam arti membantu lebih banyak orang. Namun hal itu belum bisa dilakukan.

Menurut Luna, jika ia sudah tidak lagi pusing memikirkan dirinya sendiri, maka akan lebih mudah untuk memikirkan orang lain. Baginya, ketika seseorang masih sibuk memikirkan dirinya, maka memikirkan orang lain akan terasa berat.

Senada dengan Luna, Deddy pun mengatakan bahwa ia terkadang tidak setuju dengan pendapat "jangan mencari kekayaan duniawi, lebih baik kejarlah kekayaan di surga nanti". Menurut Deddy, ada yang salah dengan kata-kata itu.

"Kalau kita bisa kaya, kita bisa lebih membantu orang lain," ujar Deddy.

Ingin menjadi orang yang super kaya, Luna menjelaskan alasannya. Saat ini menurutnya, bantuan yang ia berikan mungkin hanya bisa menyentuh ratusan orang. Tentu akan berbeda jika ia punya uang lebih banyak, pasti lebih banyak orang yang akan terbantu.

"Mungkin saya agak naif, I don't know...saya hanya merasa dunia semakin kacau. Apa yang kita bisa bantu, ya kita bantu. Bukan mau sok-sok an. Bukan karena artis jadi harus terlihat bagus," tegas Luna.
Menurut Deddy, apa yang ia lakukan di podcast-nya adalah demi memberi contoh agar lebih banyak orang tidak hanya peduli tapi bergerak. Itulah alasan ia mengundang Luna Maya.

Dan sebelumnya, Deddy juga mengundang dr. Gunawan dari RS Medistra yang dikenal sebagai "dewa penolong" oleh para pasien dan perawat karena tak pelit merogoh kocek sendiri untuk membantu mereka mendapat pengobatan yang layak. Deddy memberi dr. Gunawan uang dalam koper putih dan sebuah mobil.

"I hope this can inspire more people to do the same," pungkas Luna dalam video yang ditonton lebih dari 3,2 juta kali hanya dalam satu hari itu.
 




Intip Perjalanan Karier Maudy Ayunda

Sebelumnya

Kejutkan Penggemar, 2NE1 Gabung Kembali ke YG Entertainment dan Siap Gelar Tur Dunia 2025

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment