post image
KOMENTAR

PANDEMI melahirkan kepedulian yang lebih besar dalam nurani manusia. Di berbagai belahan dunia, kita melihat bagaimana sesama anggota masyarakat saling bantu—baik secara moril maupun materil—agar kuat menghadapi hari-hari yang berat.

Di Tanah Air, banyak figur publik yang melakukan aksi sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Selain aktif berkolaborasi dengan platform penggalang dana, ada pula beberapa figur publik yang melakukan sendiri aksi sosialnya.

Apa saja yang mereka lakukan? Berikut di antaranya.

Menyumbang mobil darurat

Presenter sekaligus penyiar Podkesmas Ananda Omesh baru saja menyelesaikan proses modifikasi mobil Mercedes Benz miliknya menjadi mobil darurat Covid-19. Mobil tersebut tersebut diberi nama Mobil Darurat Padodi, yang diambil dari nama almarhum sang ayah, R. Dodi Suhendi.

Di tengah angka kasus yang terus bertambah dan banyak orang mengeluhkan sulit mendapat ambulans, Omesh berinisiatif untuk menjadikan mobilnya bermanfaat bagi masyarakat. Mulai beroperasi pertengahan Juli 2021, Omesh mendoakan para relawan agar selalu sehat saat menolong orang menggunakan Mobil Darurat Padodi.

"...ini dari Aa buat sesama, Pak, seperti apa yang selalu Bapak ajarkan pada kami, anak-anak Bapak..." tulis Omesh di akun @omeshomesh.

Mengirim paket obat-obatan Covid-19

Terinspirasi Imam Darto yang membagikan makanan kepada mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri, presenter Hesti Purwadinata melakukan aksi sosial dengan mengirimkan paket yang disebutnya Covid kit.

Berawal dari banyak warganet yang bertanya seputar obat yang dikonsumsinya saat positif Covid-19, Hesti berinisiatif memberikan aneka vitamin, kue, dan peralatan kesehatan seperti termometer dan masker yang diperlukan oleh mereka yang sendirian menjalani isolasi mandiri.

Hesti awalnya hanya membagikan 10 paket. Namun karena banyak orang yang mengirimkan alamat, setelah dilakukan verifikasi data, istri aktor Edo Borne itu kemudian mengadakan batch 2 dan mengirimkan 60 Covid kit.

Meminjamkan rumah untuk tempat istirahat nakes

Hengky Kurniawan sudah 2 tahun lebih menetap di Bandung sejak ia terpilih menjadi Wakil Bupati Bandung Barat (saat ini ia menjabat PLT Bupati Bandung Barat-red).

Pada bulan April 2020, Hengky berinisiatif meminjamkan rumah pribadinya yang kosong di daerah Pejaten, Jakarta Selatan untuk tempat istirahat para tenaga kesehatan yang berjuang keras menjadi garda terdepan penanganan Covid-19.

Menurut Hengky, rumahnya terbilang dekat dengan beberapa rumah sakit, hingga ia pun menawarkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memanfaatkan rumahnya sebagai tempat beristirahat para nakes.

Menjahit APD gratis untuk tenaga kesehatan

Desainer kebaya papan atas Indonesia Anne Avantie memperlihatkan bagaimana seseorang harus bisa beradaptasi dan saling menolong meski sama-sama merasakan dampak pandemi.

Di masa awal pandemi, Anne beriniatif memberdayakan para penjahitnya untuk membuat APD gratis bagi para tenaga kesehatan. APD pada saat itu menjadi barang yang sangat dicari bahkan nakes di banyak daerah sempat kesulitan mendapatkannya.

Ia juga mengajak desainer lain dan pemilik konveksi garmen untuk ikut memberdayakan SDM mereka membantu para tenaga kesehatan.

Membagikan makanan ke RS rujukan Covid-19

Ashanty Bongkar Rahasia Disayang Keluarga

Sebelumnya

Mantan Pengamen Ini Sumbang 1 Milyar Cash untuk Bangun Sekolah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment