post image
CEO Catch Me Up! Haifa Inayah dalam program diskusi mingguan RMOL World View/Farah
KOMENTAR

DI ERA perkembangan teknologi dan informasi yang super cepat saat ini, mau-tidak mau kita harus bisa menyesuaikan diri dan beradaptasi. Hal ini juga berlaku dalam hal mendidik anak. 

Sebagai orangtua, salah satu tugas "tambahan" kita adalah mendidik dan mempersiapkan "bekal" bagi anak agar ke depannya bisa menyesuaikan diri serta bijak menghadapi perkembangan teknologi dan informasi, termasuk salah satunya adalah dalam hal mengkonsumsi informasi dari media sosial. 

Bekal tersebut seharusnya dipersiapkan oleh orangtua sedini mungkin pada anak. 

"Dalam hal kemampuan menyaring informasi, menurut saya bisa dipersiapkan orangtua pada anaknya. Namun disesuaikan dengan usia anak tersebut," ujar CEO Catch Me Up! Haifa Inayah dalam program diskusi mingguan RMOL World View (Senin, 21/6). Catch Me Up! sendiri adalah perusahaan berita berlangganan melalui email. 

Haifa menjelaskan, untuk anak usia dini atau sekolah dasar, di mana mereka masih belum memiliki kemampuan untuk membedakan mana hal yang benar atau salah, maka orangtua perlu mengambil peran penting untuk menerapkan regulasi penuh dalam hal menyaring informasi apa saja yang perlu atau tidak perlu dikonsumsi oleh anak. 

Di waktu yang bersaaan, orangtua juga perlu membekali anak dengan melatih kemampuan literasinya, seperti mendorong anak untuk membaca buku, serta melatih daya kritisnya dengan diajak berpendapat mengenai suatu hal sesuai dengan kapasitas dan usianya. 

"Ketika anak sudah memasuki usia remaja di mana mereka sudah memiliki pemikirannya sendiri dan secara aktif mencari informasi sendiri, I think what we can do adalah memastikan bahwa mereka siap masuk ke fase itu dengan bekal yang sudah kita berikan di masa sebelumnya, dengan membuat mereka rajin membaca buku atau berdiskusi, sesederhana pertanyaan menurut kamu bagaimana?," jelas Haifa. 

"Jadi ketika mereka sudah besar, mereka bisa mengkurasi dan mencari informasi sendiri, mereka memiliki value atau prinsip-prinsip sendiri soal apa yang perlu mereka tekankan saat mereka mengkonsumsi informasi dari media sosial atau berita, mereka akan dengan sendirinya mempertanyakan setiap informasi yang diterima," tandasnya.

Syarat Utama Menempa Anak Mandiri, Sarra Risman: Petaninya Harus Berilmu

Sebelumnya

4 Hama Kemandirian yang Membuat Gagal Proses Mandiri Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Parenting