Ilustrasi pemakai masker/ Net
Ilustrasi pemakai masker/ Net
KOMENTAR

MASKER kini menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Masker medis dinilai paling efektif menangkal masuknya virus ke dalam tubuh.

Karena kebutuhan yang tinggi akan masker medis, banyak oknum yang menyalahgunakannya dengan membuat masker medis palsu. Ironisnya, masker tidak layak pakai ini bisa ditemukan di berbagai toko online atau di pinggir jalan.

Sebagai orang awam, tentu sulit sekali membedakan mana masker medis yang asli dan mana yang palsu. Tapi ada cara termudah yang bisa kita lakukan untuk membedakannya, yaitu dengan membeli dari merk yang terpercaya.

Cara lain untuk membedakan palsu atau tidak adalah dilihat dari izin edar yang terdapat pada dusnya. Izin edar ini bisa dicek melalui website https://infoalkes.kemkes.go.id. Bukti izin edar itu mengartikan bahwa masker yang diperjualbelikan sudah memenuhi persyaratan mutu keamanan dan manfaat.

Apa saja persyaratan mutu keamanan dan manfaat itu? Di antaranya lulus uji Bacterial Filtration Efficiency (BFE), Pattie Filtration Efficiency (PFE), dan Breathing Resistance yang mencegah masuknya virus serta bakteri.

Mengenal Jenis Masker Medis

Masker media yang beredar di pasaran selama ini ada beberapa model. Ada masker medis KN95, KF94, atau N95. Jika dilihat dari jenis bahannya, maka masker medis dibedakan 2 jenis, yaitu masker bedah dan masker respirator.

Seperti diketahui, masker bedah sekali pakai terdiri dari tiga lapisan berupa non woven spunbond, meltblown spunbond (SMS), dan spunbond meltblown meltblown spunbond (SMMS). Penggunaannya menutupi hidung dan mulut.

Sedangkan masker respirator seperti N95 atau KN95 menggunakan lapisan yang lebih tebal, yaitu polypropylene, elektrete/charge polypropylene (di bagian tengahnya). Karena ketebalan bahannya, maka masker respirator dianggap paling aman untuk nakes yang kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Cara Cek Izin Edar

PLT Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Kemenkes Arianti Anaya, MKM menuturkan cara mudah untuk mengecek izin edar masker medis.

Pertama, masuk ke laman infoalkea.kemkes.go.id. kemudian klik ikon pencarian yang ada di sebelah kanan. Pilih kategori pencarian (nomor izin edar, nama produk, pendaftar, tipe, dan produsen). Masukkan kata kuncinya, yaitu nama dari produk masker. Selanjutnya klik cari. Nanti akan terlihat apakah merk tersebut sudah memiliki izin edar atau belum.

Apabila curiga dengan merk masker, bisa juga menghubungi Halo Kemkes di nomor 1500567.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News