Buah Lo Han Kuo/ Net
Buah Lo Han Kuo/ Net
KOMENTAR

PERNAH dengar nama buah Lo Han Kuo? Masih asing ya di telinga. Di negara asalnya, Tiongkok, buah dengan rasa manis ini sudah lama dipakai untuk mengobati berbagai penyakit.

Di Indonesia, Lo Han Kuo dikenal karena khasiatnya meredakan radang tenggorokan. Betulkah seefektif itu? Kita kenalan, yuk!

Lo Han Kuo dikenal juga dengan sebutan buah monk atau buah biksu. Sering dijadikan teh untuk meredakan penyakit tenggorokan. Bentuknya mirip melon, hanya saja ukurannya lebih kecil.

Berasal dari Tiongkok Selatan dan dinamai dengan nama biksu pertama yang membudidayakannya.

Ekstrak Lo Han Kuo 150-250 kali lebih manis dari gula biasa. Meski begitu, tidak mengandung kalori dan karbohidrat. Jadi artinya, penderita diabetes aman mengonsumsinya. Bahkan menurut Healthline, The Food and Drug Administration menganggap buah biksu aman untuk semua orang, termasuk ibu hamil dan anak-anak.

Popularitas buah monk relatif baru, sehingga belum ada penelitian ilmiah tentang efek penggunaan jangka panjang.

Namun dr Devia Irine Putri mengatakan, buah ini cukup efektif mengatasi keluhan radang tenggorokan.

"Buah Lo Han Kuo atau monk fruit ini punya efek antiinflamasi atau peradangan. Makanya sering dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan," ujar dr Devia dari klikdokter.com.

Pernyataan ini didukung oleh sebuah penelitian pada 2011, bahwa kandungan glukosa triterpenoid, pemanis alami nonkalori (mogrosida( dalam buah itu bersifat antioksidan, antikarsinogenik, dan membantu mencegah komplikasi diabetes.

Hasil penelitian yang dilakukan pada kecil tersebut menunjukkan mogrosida dapat menghambat inflamasi yang disebabkan oleh lipopolisakarida (LPS) dalam sel. Senyawa ini juga mengatur beberapa gen pelindung inflamasi.

Hasil lainnya, efek antikanker dan antidiabetes M Grosvenori diduga disebabkan oleh sifat antiinflamasinya.

Ternyata, manfaat Lo Han Kuo tidak hanya untuk mengatasi radang tenggorokan. Ada kegunaan lain dari buah biksu ini, yaitu:

1. Menurunkan berat badan

Meski rasanya manis, Lo Han Kuo tidak memiliki kalori yang tinggi yang bisa meningkatkan berat badan. Dijelaskan Dr Devia, buah ini juga tidak memiliki lemak dan karbohidrat.

"Jadi, cocok buat siapa saja yang mau diet. Bisa juga ditambah gula dan diimbangi dengan buah lainnya seperti apel atau buah naga," saran dia.

2. Mengontrol kadar gula darah

Rasa manis dari Lo Han Kuo didapat dari senyawa yang disebut mogrosida. Buah ini aman untuk penderita diabetes lantaran tidak mendongkrak gula darah.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Sifat antioksidan dalam buah biksu ini juga membantu menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. Juga antipenuaan.

4. Kaya akan vitamin C

Mengutip Living Proof, Lo Han Kuo kaya kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C-nya juga bisa untuk mengatasi permasalahan kulit seperti psoriasis, bisul, dan gejala alergi.

5. Menurunkan risiko stroke dan jantung

Kandungan antioksidan dalam buah ini bisa membantu oksigen dalam tubuh bekerja lebih baik dan akhirnya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan jantung.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health