post image
Saat ini, kita melihat masker ternyata bukan hanya bermanfaat untuk mengurangi paparan Covid-19 tapi juga menjadi simbol kreativitas tanpa batas para pelaku industri kreatif/ Net
KOMENTAR

MASKER yang menjadi bagian dari protokol kesehatan 3M menjadi bukti bahwa kreativitas manusia tidak bisa 'dibungkam' dengan pandemi.

Masker adalah bagian tak terpisahkan dari normal baru. Sekali pun kelak kita lebih kuat setelah menerima vaksin Covid-19, masker tetap menjadi satu item yang harus tersedia di rumah dan dibawa ke mana pun kita pergi.

Saat ini, kita melihat masker ternyata bukan hanya bermanfaat untuk mengurangi paparan Corona tapi juga menjadi simbol kreativitas tanpa batas para pelaku industri kreatif. Sejak masker medis diutamakan pemakaiannya untuk para tenaga kesehatan yang menjadi garda depan penanggulangan Covid-19, masker kain menjadi idola masyarakat.

Di masa pandemi, masker menjelma menjadi sebuah fashion statement bagi pemakainya. Sementara bagi para desainer maupun pengusaha retail bidang fesyen, masker menjadi sebuah jalan terang untuk bisa terus berkarya dan berdaya secara ekonomi. Masker mampu mengembalikan perputaran roda ekonomi di sektor industri kreatif.

Di Hollywood, masker juga menjadi saksi perjalanan insan kreatif di industri musik dan film. Sebagai fashion statement, para pesohor memakai beragam jenis masker yang sesuai dengan kepribadian dan penampilan mereka saat menghadiri malam penghargaan. Banyak masker selebriti yang menjadi best moment tahun 2020 seperti diunggah Vogue.

Pada Venice Film Festival 2020, ada aktris Tilda Swinton yang menggunakan masker (atau topeng?) elegan selaras dengan gaya fesyennya yang klasik elegan. Aktris berkebangsaan Inggris tersebut dikenal dengan gaya fesyen androgini dan eklektik.

Di ranah musik, ada penyanyi muda Billie Elish yang konsisten dengan gaya fesyen khasnya: baju oversized yang memadukan nuansa hip hop dengan pengaruh gotik dan skater style.

Penyanyi 19 tahun ini memang bukan sekadar mencuri perhatian dunia dengan signature sound dan lagu-lagunya yang sangat disukai terutama oleh generasi Z, tapi juga signature style-nya. Di masa pandemi, adik penyanyi Finneas O'Connell ini menyempurnakan penampilannya dengan masker berwarna senada dengan pakaian yang ia kenakan.

Lain Billie, lain pula aktris Kerry Washington. Seperti diketahui, di tahun ini banyak selebriti Hollywood yang terang-terangan menyuarakan pilihan mereka dalam pilpres 2020 dan bersemangat mengajak rakyat Amerika untuk memilih.

Pemeran Olivia Pope dalam serial televisi Scandal itu tak ragu mengenakan masker bertuliskan "Vote" pada saat mendatangi tempat pemungutan suara. Dalam laman Instagramnya, Kerry juga membagikan beberapa foto saat ia mendatangi pertemuan dengan para relawan pendukung Joe Biden-Kamala Harris.

Last but not least, publik tentu tidak bisa melupakan masker 'ajaib' yang dikenakan Lady Gaga dalam MTV Video Music Awards 2020 yang berlangsung akhir Agustus lalu. Penampilannya dengan masker saat bernyanyi maupun di podium kemenangan menjadi fashion statement khas Lady Gaga yang selalu super nyeleneh.

Dalam MTV VMA 2020, ia berhasil membawa pulang penghargaan Artist of The Year juga Song of The Year, Best Collaboration, dan Best Cinematography (duet dengan Ariana Grande dalam lagu Rain on Me).

Di luar panggung, Lady Gaga ternyata juga beberapa kali mendapatkan kiriman masker nyentrik dari para seniman yang menyukai gaya out of the box ala Gaga. Di laman Instagram, ia kerap memamerkan foto saat mengenakan masker unik sembari mengucapkan terima kasih kepada pengirimnya.

Selain para selebriti dari ranah hiburan, atlet tenis Naomi Osaka juga memanfaatkan kesempatan tampil di muka publik untuk menyuarakan sikapnya dengan masker. Pada beberapa momen US Open 2020, Naomi mengenakan masker yang bertuliskan nama-nama seperti George Floyd dan Breanna Taylor yang memicu demonstrasi akbar para aktivis Black Lives Matter di Amerika.

Naomi menjuarai US Open 2020 setelah petenis kelahiran Jepang, 16 Oktober 1997 itu mengalahkan Victoria Azarenka dari Belarus.

Melihat apa yang dilakukan para pesohor mancanegara dengan masker mereka, masker menjelma menjadi simbol perjuangan, kerja keras, dan kemanusiaan yang mencerminkan pemakainya. Tentu saja tanpa melupakan inti masker sebagai perjuangan kita memutus rantai Covid-19.

 

Close X

Dewi Perssik Donor Plasma, Berbagi Kasih, Berbagi Cinta

Sebelumnya

Haru, Pesan Anak Wendy Cagur Yang Tengah Isolasi Mandiri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA