Perempuan dengan PCOS memiliki banyak kista di ovarium yang disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan/ Foto: Ilustrasi (Net)
Perempuan dengan PCOS memiliki banyak kista di ovarium yang disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan/ Foto: Ilustrasi (Net)
KOMENTAR

PCOS atau Sindrom Ovarium Polikistik belakangan ini marak dibicarakan. Gangguan hormon pada wanita ini paling umum dijumpai. Salah satunya adalah tidak menstruasi selama 10 bulan.

Perempuan dengan PCOS memiliki banyak kista di ovarium yang disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan. PCOS juga dikaitkan dengan obesitas dan insulin yang tinggi.

Kondisi ini menyebabkan pengidap PCOS mengalamk tidak menstruasi sama sekali, menstruasi tidak teratur, dan sakit saat menstruasi.

Nyatanya, gangguan hormon ini dapat dicegah dengan menghindari sejumlah makanan yang memicu PCOS.

Apa saja makanan tersebut?

1. Karbohidrat olahan

Hindari karbohidrat olahan atau yang telah banyak diproses, karena dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin. Karbohidrat olahan biasanya terdapat pada roti putih, muffin, makanan penutup yang manis, dan makanan yang terbuat dari tepung.

2. Makanan dan minuman bergula

Hindari pula makanan dan minuman manis yang mengandung gula tambahan seperti sukrosa, sirup jagunh, fruktosa, dan dekstrosa. Dikutip dari Healthline, konsumsi gula pada makanan dan minuman dapat memengaruhi insulin dan memperburuk PCOS.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memiliki sifat inflamasi yang tinggi, sehingga dapat memicu PCOS dan menghambat menstruasi.

4. Makanan berlemak

Dikutip dari Medical News Today, hampir 50 persen perempuan dengan PCOS mengalami obesitas, yang dikaitkan dengan penumlukan lemak. Karena lemak juga memiliki sifat peradangan, karenanya hindari makanan berlemak seperti margarin dan lemak daging.

5. Makanan olahan

Makanan olahan seperti makanan cepat saji, hotdog, dan sosis, memiliki sifat inflamasi dan mengandung kalori tinggi yang dapat memengaruhi insulin. Hindari konsumsi makanan olahan untuk mencegah PCOS.

 




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health