post image
Staf rumah sakit di Rumah Sakit Fortis di Bangalore berinteraksi dengan robot Mitra yang membantu menyaring pasien virus corona/CNN
KOMENTAR

SEJUMLAH rumah sakit di India telah mulai menggunakan robot untuk membantu upaya perang melawan pandemi virus corona yang saat ini masih terjadi.

Robot-robot yang dikerahkan di sejumlah rumah sakit tersebut adalah robot ciptaan Invento Robotics yang berbasis di Bangalore. Perusahaan ini telah merancang tiga robot untuk melakukan tugas-tugas mulai dari mendisinfeksi permukaan hingga menjawab pertanyaan pasien dan memungkinkan konsultasi video dengan dokter.

Salah satu model robot yang paling populer digunakan adalah robot yang diberi nama Mitra. Dalam bahasa hindi, "Mitra" berarti "teman".

Robot yang dijual dengan harga sekitar 10 ribu dolar AS ini dilengkapi dengan teknologi pengenal wajah sehingga mampu mengingat nama serta wajah pasien yang berinteraksi dengannya.

Mitra dapat menjelajahi rumah sakit secara mandiri, membantu pasien terhubung dengan keluarga dan dokter melalui kamera dan layar video yang dipasang di dadanya.

"Mitra bisa menjadi perawat atau asisten dokter, mengambil bacaan dan tanda vital, mengingatkan mereka tentang pengobatan," kata CEO Invento Robotics, Balaji Viswanathan.

Dia menjelaskan, robot yang dirancang mirip manusia ini terlibat serta berinteraksi baik dengan pasien dan mendapatkan kepercayaan dari mereka.

"Ini mungkin terdengar ironis tapi kami menggunakan robot untuk membawa umat manusia ke rumah sakit," jelasnya, seperti dikabarkan CNN (Kamis, 12/11).

Salah satu rumah sakit yang menggunakan robot Mitra adalah Rumah Sakit Yatharth di kota Noida, India utara. Rumah sakit ini telah mengerahkan dua robot Mitra, satu bertugas di pintu masuk untuk menyaring pasien dari gejala virus corona dan satu lainnya di unit perawatan intensif (ICU).

"Di dalam ICU kami [Mitra] membantu pasien terhubung dengan keluarga mereka melalui aliran video dan memberikan keluarga pasien untuk melihat ke dalam," kata direktur rumah sakit Kapil Tyagi.

"Pasien merasa senang dan positif setiap kali robot mengunjungi mereka. Mereka sering berfoto selfie dengan Mitra," jelasnya.

Close X

Soal Sekolah Tatap Muka, IDAI: Sebaiknya Ikuti Saran WHO, Tetap PJJ!

Sebelumnya

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah Positif Covid-19

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah News