KOMENTAR

 اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

"Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka"

Surga adalah tempat yang telah Allah Swt. siapkan untuk hamba-hambaNya yang beriman. Setiap orang beriman pasti menginginkan agar dapat menuju surgaNya kelak di hari kiamat.

Kenikmatan yang Allah Swt. siapkan di surga sungguh tiada terkira. Syariatpun menyebutkan berbagai sifat atau kenikmatan yang didapatkan di surga sebagai motivasi bagi para hambaNya untuk melaksanakan berbagai macam amal ketaatan.

Surga yang Allah siapkan untuk hambaNya tidak hanya satu, tetapi banyak. Seperti diriwayatkan dari Anas ra:

أُصِيبَ حَارِثَةُ يَوْمَ بَدْرٍ وَهُوَ غُلاَمٌ، فَجَاءَتْ أُمُّهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ عَرَفْتَ مَنْزِلَةَ حَارِثَةَ مِنِّي، فَإِنْ يَكُنْ فِي الجَنَّةِ أَصْبِرْ وَأَحْتَسِبْ، وَإِنْ تَكُ الأُخْرَى تَرَى مَا أَصْنَعُ، فَقَالَ: «وَيْحَكِ، أَوَهَبِلْتِ، أَوَجَنَّةٌ وَاحِدَةٌ هِيَ، إِنَّهَا جِنَانٌ كَثِيرَةٌ، وَإِنَّهُ فِي جَنَّةِ الفِرْدَوْسِ»

"Pada saat perang Badar, Haritsah terluka padahal dia masih kecil. Datanglah ibunya menemui Nabi SAW dan berkata, 'Wahai Rasulullah, engkau telah mengetahui kedudukan Haritsah di sisiku. Seandainya dia di surga, aku akan bersabar dan berharap memperoleh pahala. Namun kalau keadaannya lain, menurut pendapatmu apa yang harus aku lakukan?' Rasulullah menjawab, 'Janganlaj begitu (tenanglah). Atau kamu merasa berat ditinggal anakmu atau kamu mengira bahwa surga itu hanya satu? Sesungguhnya surga itu banyak dan anakmu sekarang berada di surga Firdaus" (HR Bukhari no 3982 dan 6550)

Surga Firdaus adalah surga yang paling tinggi dan paling tengah. Diriwayatkan Abu Hurairah ra:

فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَسَلُوهُ الفِرْدَوْسَ، فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الجَنَّةِ، وَأَعْلَى الجَنَّةِ، وَفَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ، وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الجَنَّةِ

"Jika kalian meminta sesuatu kepada Allah, mintalah (surga) Firdaus. Karena Firdaus adalah surga yang paling tengah dan paling tinggi. Di atasnya adalah 'Arsy (milik) Ar-Rahman. Darinya mengalirkan sungai-sungai surga" (HR Bukhari no 7423)

Luasnya surga adalah seluas langit dan bumi, sebagaimana formal Allah Swt.:

"Berlomba-lombalah kamu untuk (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang seluas-luas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasulNya. Itulah karunia Allah, diberikanNya kepada siapa yang dikehendakiNya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar" (QS Al Hadid:21)

Dan sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah Ra:

"Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pohon yang seseorang berjalan (menyusuri) bayangan pohon tersebut selama seratus tahun (perjalanan). Jika kalian menghendaki, bacalah (firman Allah Ta'ala yang artinya, 'dan naungan yang terbentang luas' (QS Al Waqi'ah: 30)" (HR Bukhari no 3252)

Karena itu, teruslah berdzikir dan mintalah surga sebanyak 3 kali. Seperti diriwayatkan Ahmad, Masai, dan Turmudzi. Dari Anas bin Malik Ra, Rasulullah Saw bersabda:

"Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata: 'Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga'. Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kalo, maka nerakanakan berlata: 'Ya Allah, lindungilah dia dari neraka'."

 

 




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur