post image
Memperlakukan anak secara khusus penuh kasih dan sayang merupakan tabungan orangtua saat anak besar nanti/ Net
KOMENTAR

ANAK menyimpan penuh misteri. Memperlakukannya secara khusus merupakan tabungan orangtua saat anak besar nanti.

Untuk memaksimalkan ungkapan kasih orangtua kepada anak, perlu diketahui bahwa ada empat titik pada bagian tubuhnya yang harus mendapat perhatian ekstra. Keempat titik itu disarankan untuk sering dicium dan diusap oleh orangtua.

Apa saja?

Ustadz Hepi Andi Bastoni menjabarkan, titik pertama adalah ubun-ubun.

"Ubun-ubun anak adalah salah satu bagian tubuh yang harus rajin dicium. Yang kedua adalah kening, yang menandakan kebanggaan orangtua terhadap anaknya tersebut," kata Ustadz Hepi.

Yang ketiga adalah pipi. Ciuman pada kedua pipi anak adalah tanda kasih sayang. Jadi orangtua harus rajin-rajin menciumnya.

"Titik keempat adalah punggung tangan. Kita selama ini sering mengulurkan tangan untuk dicium oleh anak. Tapi Nabi dan para sahabat tidak. Sesekali mereka justru mencium tangan anak-anak mereka," kata Ustadz.

Yang tak kalah penting adalah pelukan dari orangtua. Bahkan Rasulullah mengajarkannya.

Dikisahkan bahwa Abu Hurairah berjalan keluar bersama Rasulullah SAW. Selama di perjalanan, Rasulullah SAW tidak berbicara dengan Abu Hurairah dan begitupun sebaliknya. Ketika sampai di Pasar Bani Qainuqa, Rasulullah duduk di pekarangan rumah Fatimah lalu berkata, "Apakah terdapat anak-anak di sana?" Tidak lama kemudian, datanglah seorang anak kecil menghampiri Rasulullah. Ia lalu memeluk dan menciumnya sambil berdoa, "Ya Allah, sayangilah dia dan sayangi pula orang yang menyayanginya." (HR Bukhari)

Sebuah penelitian yang dilakukan psikolog Edward R Christopherson, PhD juga menemukan, pelukan lebih efektif daripada pujian atau ucapan sayang. Karena pelukan membuat anak merasa dicintai dan dihargai. Plus, memberikan kedekatan dan kekuatan getaran batin antara orangtua dan anak.

Dan dalam buku The Hug Therapy, psikolog Kathleen Keating menyebutkan, pelukan dapat meningkatkan kecerdasan otan dan IQ anak. Serta dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

 

Close X

Mencontoh Metode Sukses Parenting Ala Bill Gates

Sebelumnya

Contek 6 Jenis Olahraga yang Bisa Bunda Lakukan Bersama Si Kecil di Rumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting