post image
Apa saja amalan dan ibadah yang dapat dilakukan muslimah pada hari Jumat?/ Net
KOMENTAR

DIRIWAYATKAN oleh Abu Hurairah, "Rasulullah bersabda, hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga, serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat." (Hadits Muttafaq Alaih)

Hari Jumat juga disebut sebagai hari dimana seorang muslim yang meninggal dunia akan Husnul khatimah. Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, "Rasulullah bersabda, setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur." (HR Ahmad dan Tirmidzi, dinilai shahih oleh Al-Bani)

Tidak hanya laki-laki yang bisa memperoleh faidah dan keutamaan di hari Jumat, karena melakukan shalat Jumat. Perempuan pun bisa. Apa saja amalan dan ibadah yang dapat dilakukan muslimah pada hari Jumat?

1. Mandi, memakai wewangian, dan menyikat gigi dengan siwak

Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu salat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya." (HR Bukhari dan Muslim)

Meski perempuan tidak diwajibkan menunaikan salat Jumat, tapi disunnahkan untuk tetap mandi dan bersuci, juga memakai wewangian.

"Selain itu, hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Kenakan pakaian terbaik

Rasulullah bersabda, "Wajib bagi kalian membeli dua buah pakaian untuk salat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Di sini, Nabi mendorong umatnya tidak hanya kaum laki-laki namun juga perempuan, untuk membeli pakaian khusus dan terbaik untuk dikenakan pada hari Jumat. Lebih istimewa jika mengenakan pakaian berwarna putih.

"Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian." (HR Tirmidzi)

3. Salat dzhuhur di awal waktu

Meskipun tidak menunaikan salat Jumat, perempuan bisa mendapat pahala Sunnah dengan bersegera menunaikan salat Dzuhur di awal waktu.

4. Perbanyak sholawat

Jika sholawat dilakukan pada hari Jumat, maka Rasulullah berjanji akan membuat kita berada sangat dekat dengan beliau di hari kiamat.

Ada 3 hadits yang menjadi rujukan tentang hal tersebut:

Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap hari Jumat, karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR Al-Baihaqi)

Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari Jumat, maka sesungguhnya ia disaksikan para malaikat. Dan sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang di antara kalian bersholawat kepadaku, kecuali sholawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai." (HR Ibnu Majah)

"Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan disampaikan kepadaku." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa'i)

5. Perbanyak berdoa

Hari Jumat adalah hari yang dijanjikan oleh Rasulullah sebagai hari di mana doa akan dikabulkan. Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri salat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya." (HR Bukhari)

"Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta'ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan." Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikit waktu itu. (HR Bukhari dan Muslim)

6. Perbanyak istighfar dan zikir

Rasulullah tidak pernah lalai membaca istighfar. Ia bersabda, "Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari zikir kepada Allah. Sesungguhnya aku beristighfar seratus kali dalam sehari."

Close X

Memetik Cinta Di Penghujung Malam

Sebelumnya

Nikmatnya Menjadi Kekasih Allah di Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Islam