Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
KOMENTAR

KABAR gembira datang dari Seoul, Korea Selatan. Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Umar Hadi, baru saja melaporkan bahwa sebanyak 50 ribu unit alat tes Polymerase Chain Reaction atau PCR Diagnostic kit telah tiba di Jakarta hari ini (Minggu, 5/4).

Dalam keterangannya, Dubes Umar Hadi mengatakan, KBRI Seoul didukung Garuda Indonesia telah memfasilitasi pengiriman bantuan dari LG Group yaitu LG Electronics, LG Chem, LG Innotek, dan LG International, kepada Pemerintah Indonesia PCR Diagnostic kit sebanyak 50 ribu unit.

“Bantuan dikirim dengan menggunakan Garuda Indonesia GA879, diperkirakan tiba pada sore hari ini di Bandara Soekarno-Hatta jam 15.40 WIB,” ujar Dubes Umar Hadi.

Disebutkan, bantuan PCR diagnostic kit tersebut adalah bentuk kontribusi LG Group dalam mendukung upaya Pemerintah Indonesia memerangi wabah COVID-19.

“LG Group selama ini telah berkoordinasi dan berkonsultasi erat dengan KBRI Seoul dalam mempersiapkan bentuk dan cara pengiriman bantuan ke Indonesia,” demikian Dubes Umar Hadi.

Korea Selatan terbilang berhasil mengendalikan penyebaran virus corona baru atau Covid-19 dengan teknik “kejar bola”.

Pada masa awal penyebaran virus ini di negeri ginseng, pemerintah Korea Selatan melakukan tes cepat secara massal. Teknik kejar bola ini bisa menjaring antara 15 ribu sampai 20 ribu orang dalam satu hari. Teknik ini membantu mempercepat pemetaan sebaran cluster pihak-pihak yang berpotensi atau yang sudah terjangkit virus mematikan ini.

Reporter : Yelas Kaparino/RMOL.ID




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News