Ustaz Abdul Somad/ Net
Ustaz Abdul Somad/ Net
KOMENTAR

VIRUS corona telah membuat banyak orang hidup dalam kegelisahan. Para ulama mengingatkan kita semua agar jangan berhenti untuk terus berdoa, supaya wabah yang tengah melanda saat ini bisa segera berakhir.

Selain berdoa tentu saja kita diwajibkan untuk terus berikhtiar agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

Salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan saat ini adalah mengikuti anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan dengan melakukan physical distancing.

Terkait hal itu, Ustaz Abdul Somad memposting sebuah kisah yang dikemukakan oleh Ulama terkemuka dari Mesir, Syeikh Ali Jum'ah, tentang bagaimana wabah hitam yang pernah melanda Mesir. Dikisahkan wabah itu semakin parah ketika banyak orang yang berkumpul dalam satu tempat.

Dalam postingan yang diterjemahkan oleh UAS, Syeikh Ali Jum'ah berkata: "Penduduk Mesir masa itu dua puluh juta orang. Lalu terjadi peristiwa wabah hitam atau wabah besar tahun 749 Hijrah".

Kemudian penduduk Mesir hanya tinggal dua setengah juta pada masa Muhammad Ali Pasha. Imam Ibnu Hajar Al-'Asqalani bercerita tentang peristiwa itu.

"Harta warisan berpindah ke sembilan rumah dalam satu hari, saking parahnya wabah. Orang-orang berkumpul untuk membaca Shahih Al-Bukhari agar wabah diangkat", kisahnya.

Perkumpulan orang banyak itu justru menjadi penyebaran wabah. Karena perbuatan seperti ini bukanlah tindakan Rasulullah SAW dalam menanggulangi wabah. Rasulullah SAW bersabda: "Larilah dari orang kena penyakit menular seperti engkau lari dari singa", tulis UAS.

 




Ana Khairun Minhu

Sebelumnya

Hubbu Syahwat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur