KOMENTAR

SURAT-surat yang diturunkan ke dalam Al Qur'an selalu memiliki keutamaan dan rahasianya masing-masing. Tidak hanya sekadar dibaca, namun wajib bagi umat Muslim untuk mengamalkannya.

Adalah surat Al Ikhlas yang mengajarkan bagaimana kita sebagai Muslim yang baik untuk menjadi ikhlas. Jika kita meyakini dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari, ada rahasia besar yang akan muncul.

"Kita baca ayat pertama, yang artinya "katakan, hanya Allah yang esa", sudah jangan katakan yang lain. Komit dengan hak tersebut, bahwa hanya Allah lah yang paling esa, satu-satunya yang patut disembah," terang Ustad Adi Hidayat dalam channel youtubenya.

Di ayat kedua yang artinya Allah tempat bergantung, maka serahkanlah semuanya kepada Allah. Semua masalah, sakit, persoalan, serahkan dan percayakan kepada Allah.

Jika manusia mengamalkan salah satu saja surat Allah tersebut, maka Allah menjanjikan sebuah rahasia. Seperti diceritakan dalam sebuah hadist shahih,

"Ketika nabi sedang shalat, ia mendengar orang berdoa. Dalam doanya tersebut, orang itu memulainya dengan surat Al Ikhlas. 

"Ya Allah, saya meyakini hanya Engkau Tuhan satu-satunya dalam tumpuan setiap permohonan. Maka, ampunilah aku"

Mendengar doa orang tersebut, Rasulullah pun menghampirinya. Nabi lalu bertanya, "Apa engkau paham apa yang kau ucapkan?"

Dijelaskan Rasulullah,  kau baru saja berdoa dengan menyebutkan dengan yakin nama-nama Allah yang paling tinggi, yang kalau disebutkan di awal doa, maka semua doa akan dijawab."

Inilah rahasia yang dijanjikan Allah tersebut, membaca surat Al Ikhlas diawal doa agar semua harap diijabah segera oleh Allah. Namun, hendaknya amalkan dan yakini terlebih dahulu arti surat tersebut. Niscaya, Allah menjanjikan yang terbaik dari setiap permohonanmu.




Ana Khairun Minhu

Sebelumnya

Hubbu Syahwat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur