post image
Saffron/Net
KOMENTAR

KITA yang masih awam dengan dunia memasak mungkin akan sangat asing dengan rempah-rempah bernama saffron. Kalau rempah seperti jahe dan pala mungkin masih kerap dengar meski jarang menggunakannya. Saffron merupakan bagian dari bunga bernama Crocus sativus. Bagian bunga ini diambil lalu dikeringkan lalu dijual dalam bentuk kering.

Saffron banyak dihasilkan di kawasan Timur Tengah. Harga dari rempah ini sekitar Rp7-70 juta per 500 gram dan bergantung dengan kualitasnya. Harga dari saffron ini mahal karena proses panennya yang masih manual. Ribuan hingga jutaan bunga akan diproses satu persatu dengan tangan tanpa bantuan mesin.

Manfaat saffron untuk kesehatan:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Saffron yang memiliki warna agak oranye ini memiliki banyak sekali komponen antioksidan yang bermanfaat. Setidaknya setiap mengonsumsi rempah ini kandungan crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol bisa langsung didapatkan. Anda akan jarang sekali sakit karena daya tahan tubuh akan dipicu bekerja dengan maksimal.

Beberapa komponen antioksidan yang ada pada saffron bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi pada tubuh dan mencegah kerusakan pada sel. Lebih lanjut, antioksidan seperti kaempferol bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pada otak sehingga tubuh bisa sehat secara umum dan menyeluruh.

  • Kemungkinan memperbaiki mood

Saffron bisa digunakan untuk membantu seseorang mengatasi depresi yang sedang dialaminya. Setidaknya penggunaan beberapa gram saffron yang dikemas menjadi kapsul bisa memperbaiki mood pada seseorang yang mengalami depresi pada skala rendah ke sedang. Dengan kemampuan ini seseorang bisa lebih semangat menjalani kehidupan hariannya,

  • Menurunkan gejala PMS

Dari penelitian yang dilakukan, konsumsi sekitar 30 gram saffron bisa mengatasi rasa nyeri dan inflamasi yang terjadi pada wanita. Kemampuan ini juga bisa didapatkan dengan hanya menghirup aroma dari saffron selama 20 menit.  Gangguan rasa cemas dan mood yang buruk dari produksi kortisol bisa segera diatasi.

  • Memiliki elemen anti kanker

Saffron memiliki elemen antioksidan yang sangat besar. Elemen ini digunakan untuk menjaga tubuh dari radikal bebas yang masuk dari luar dan sel asing yang tumbuh di dalam tubuh dalam bentuk kanker. Sel yang abnormal dan tumbuh begitu saja bisa segera dibunuh oleh komponen antioksidan.

Dengan elemen ini, seseorang akan lebih kebal dengan beberapa jenis kanker bak itu kanker kulit, prostat, paru, payudara, serviks, dan kanker lain yang umum terjadi pada pria dan juga wanita.

  • Mampu meningkatkan gairah seksual

Mengonsumsi sebanyak 30 gram saffron setiap hari ternyata mampu meningkatkan kemampuan seksual pada pria dan juga wanita. Dari penelitian yang dilakukan, pria akan mengalami kenaikan libido secara signifikan, kemampuan ereksi membaik, kepuasan naik, dan volume dari air mani meningkat.

Sementara itu pada wanita, konsumsi saffron sebanyak 30 gram juga bisa meningkatkan kemampuan seks pada wanita. Gairah seksualnya bisa meningkat dan cairan lubrikasi yang dihasilkan akan lebih banyak.

  • Baik untuk penurunan berat badan

Salah satu komponen dari saffron yang cukup hebat adalah kemampuannya untuk menurunkan nafsu makan. Dengan mengonsumsi saffron dalam jumlah yang tepat, Anda bisa mengontrol nafsu makan dengan mudah sehingga kemungkinan terjadi defisit kalori akan sangat besar.

  • Baik untuk penderita diabetes dan Alzheimer

Mengonsumsi saffron dalam bentuk apa pun ternyata bisa menurunkan gula darah di dalam tubuh dengan cepat. Sensitivitas insulin juga akan meningkat sehingga gula darah di dalam tubuh bisa terjaga. Selanjutnya saffron juga meningkatkan kemampuan kognitif pada penderita Alzhiner. Daya ingat akan meningkat meski tidak signifikan.

Demikianlah manfaat dari saffron yang ternyata sangat banyak dan bisa Anda coba kalau sudah memilikinya.

Sumber : www.doktersehat.com

Cegah Klaster Sekolah, Kenali Gejala Covid-19 yang Umum Pada Anak

Sebelumnya

Vaksin Covid-19 Mengganggu Siklus Menstruasi dan Kesuburan, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health