KOMENTAR

PASAR ini unik. Usianya sudah 500 tahun, dan cukup terkenal. Namun, hanya perempuan yang sudah menikah saja lho, yangbisa berdagang di sini.

Pasar yang berlokasi di jantung Imphal, Manipur, sebuah negara bagian di wilayah timur laut India, ini berisi sedikitnya empat ribu pedagang.

Selayaknya pasar pada umumnya, kita akan menjumpai penjual dan pembeli. Namun, seperti namanya, yaitu Ima Keithel yang artinya Pasar Ibu, di sini kita hanya melihat para perempuan saja. Para Ibu berjualan barang sehari-hari dan sangat beragam. Mulai dari buah-buahan, sayur mayur, kerajinan tangan, kosmetik, baju, jajanan, dan lain sebagainya. Sebagian besar lapak dijalankan secara turun temurun dari ibu ke putrinya, dan terus ke generasi berikutnya.

Pasar ini merupakan satu-satunya di Asia, dan mungkin di dunia, yang isinya hanya perempuan. Pasar tradisional ini bahkan jadi simbol kekuatan para perempuan India yang juga punya tradisi dan sejarah panjang.

Dahulu kala,  ada tradisi yang disebut 'Lallup', dimana kaum laki-laki setempat wajib melayani Raja dalam setiap kondisi. Tradisi Lallup ini seperti wajib militer atau bela Negara. Sebagai prajurit Raja, laki-laki Manipur bertugas melawan tentara China dan Myanmar.

Sementara para lelaki menjaga negara, perempuan India berdiam di rumah mengerjakan pekerjaan rumah tangga sekaligus mencari nafkah dengan berdagang dan bekerja di pasar tradisional. Hal itu terjadi turun temurun. Sang ibu meneruskan kebiasannya ini kepada putrinya, dan seterusnya. Sehingga pasar tradisional itu pun diisi oleh kaum perempuan saja.

Pasar tersebut terus berkembang tahun demi tahun. Beberapa pihak bahkan datang berusaha mengambil alih, dan mengusir para perempuan dari pasar tersebut. Sehingga muncullah pergerakan Nupi Lal (Women's Wars) pada tahun 1904 dan 1939.

Walau berisi hanya perempuan saja, tetapi Ima Keithel adalah interaksinya segala suku dan agama dalam perekonomian. Pasar ini mulai terkenal karena luas dan unik. Para wisatawan dari berbagai negara pun sering berkunjung ke pasar unik ini.

Banyak yang berharap Ima Keithel menjadi simbol permberdayaan wanita Manipur. Peneliti independen, Dr. Shristi Pukhrem menyebutkan bahwa Ima Keithel memberikan perlindungan bagi buruh perempuan dalam mengejar kehidupan di sebuah negara.




Banjir Bandang Lahar Dingin Terjang Sejumlah Wilayah Sekitar Gunung Marapi Sumbar, BNPB: Masyarakat Harus Waspada Bahaya Susulan

Sebelumnya

Jemaah Haji Tak Boleh Melepas Gelang dan Kalung Identitas Selama di Tanah Suci, Ini Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News