post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

APAKAH Anda sering melihat bintik-bintik hitam kecokelatan di wajah? Ya, itu dinamakan bintik usia. Semua orang dapat memilikinya. Namun bintik usia biasanya timbul ketika Anda berusia 40 tahun atau lebih. Seperti namanya, ini merupakan pertanda dari bertambahnya usia.

Seperti yang terjadi pada Dinda. Wanita paruh baya yang ditemui di arena skin check Wardah, saat launching The New Face of Wardah White Secret Series di Gran Mahakam Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (16/1) terkejut mendapati kulit wajahnya yang mulai muncul bintik hitam atau dark spot.

“Ya, ini hasilnya. Untuk usia 40 tahun, normalnya kadar melanin ada di angka 30, tetapi untuk ibu sudah ada di angka 92. Kelembaban kulit juga sudah berkurang,” jelas salah seorang terapis dari Wardah kepada Dinda.

Memang, menurut dr Indah Widyasari, SpKK, kulit wanita yang sudah berusia 40 sangat rentan terhadap munculnya bintik-bintik hitam. Namun hal itu bisa dicegah dengan perawatan kulit yang benar.

“Penggunaan skin care pada perempuan itu sangat disarankan. Kulit adalah organ istimewa karena letaknya paling luar dan paling luas. Nah, skin care penting untuk menangkal kulit terpapar dari radikal bebas, sinar UV, maupun radiasi. Sebab jika produksi melanin sudah berlebih, dark spot akan banyak bermunculan,” kata dr Indah di sela-sela acara Wardah.

Untuk mengatasinya, lanjut dia, bersihkan wajah sesering mungkin. Lalu, lembabkan wajah dan gunakan selalu sunscreen yang memiliki SPF 30, sehingga barier kulit lebih baik dan sehat.

“Ya, minimum membersihkan wajah. Lalu hidrasi atau melembabkan sesuai tipe kulit. Pemakaian sunscreen juga sangat penting untuk mencegah kanker kulit. Pemakaiannya harus diulang 3-4 jam kemudian,” jelasnya.

Stelah semua perawatan kulit dilakukan, jangan lupa gaya hidup alias life style yang benar. Rajib berolahraga, minum air putih yang banyak untuk menjaga hidrasi kulit, tidur yang cukup guna menjaga sirkulasi darah, dan lakukan manajemen stres.

“Yang terakhir sangat penting, karena kalau stres tidak dikelola dengan baik maka rangkaian treatment skin care yang dilakukan tidak akan mendapat hasil yang maksimal,” tegas dr Indah.

Dengan rangkaian perawatan yang benar dan life style yang baik, maka kulit glowing akan mudah didapat. “Glowing itu adalah kulit sehat, cerah, tone warna rata, jika dipegang lembab, halus, kenyal, elastis, look full, serta awet muda. Mau kan?” tutupnya.(F)

Serangan Jantung Bisa Menimpa Siapa Saja, Ini 8 Cara Sederhana Mencegahnya

Sebelumnya

Dua Langkah Mudah Cegah Penularan Virus Corona Kata Pakar Asal Jepang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health World