Ilustrasi makanan mengandung kalsium/Unsplash
Ilustrasi makanan mengandung kalsium/Unsplash
KOMENTAR

KALSIUM dikenal dengan perannya yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, banyak orang mungkin belum mengetahui bahwa mineral ini memiliki manfaat lain yang dapat diberikan. Kalsium juga berperan penting  dalam mendukung fungsi sistem saraf, kontraksi otot dan pembekuan darah.

Tubuh tidak mampu memproduksi kalsium sendiri, sehingga perlu mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi kalsium seperti produk susu olahan dan susu utuh, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau.

Kekurangan kalsium bisa terjadi karena dalam fase diet yang tidak seimbang dan hal ini dapat menghambat pertumbuhan serta menyebabkan berbagai penyakit seperti osteoporosis, dan rakitis.

Berikut berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh dengan memastikan asupan kalsium harian kamu terpenuhi.

Mendukung Fungsi Otot

Otot dalam tubuh memerlukan kalsium untuk berfungsi dengan optimal. Kalsium memainkan peran penting dalam proses kontraksi otot. Mineral ini mengatur kontraksi otot, sehingga membantu otot bergerak dengan mudah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kadar kalsium yang seimbang dalam darah penting untuk menjaga irama jantung tetap stabil. Kurangnya  kalsium yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan aritmia atau detak jantung tidak teratur. Pastikan asupan kalsium tercukupi karena hal ini membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Menjaga Berat Badan Ideal

Kandungan kalsium yang terdapat pada makanan membantu mengendalikan sel-sel lemak dan mencegah lemak penumpukan lemak berlebih.

Dengan mengonsumsi asupan kalsium yang cukup, kamu dapat mengurangi terjadinya risiko obesitas dan membantu menurunkan berat badan. Studi menyatakan bahwa sebagai yang mengalami obesitas cenderung memiliki kadar kalsium rendah.

Menjaga Kesehatan Mental

Kalsium juga memberikan peranan penting untuk menjaga kesehatan mental. Dimana mineral ini melepaskan hormon yang mengatur suasana mood. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gangguan mood serta meningkatkan risiko kecemasan dan depresi. Oleh karena itu pastikan untuk memastikan asupan kalsium yang cukup guna menjaga kesehatan mental.

Yuk pastikan tubuh mendapatkan cukup kalsium untuk merasakan manfaatnya.




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health