Ilustrasi anak mau pergi sekolah/Freepik
Ilustrasi anak mau pergi sekolah/Freepik
KOMENTAR

LIBUR Lebaran segera usai. Salah satu PR orang tua adalah bagaimana mempersiapkan mental anak untuk kembali ke sekolah.

Hampir satu bulan tidak aktif dalam kegiatan belajar di sekolah, si kecil tentunya sudah mulai terbiasa dengan pola hidup yang santai. Kesehariannya akhir-akhir ini diisi dengan bermain dan biasanya bangun tidur lebih siang.

Karena itulah penting bagi orang tua untuk mempersiapkan mental si kecil agar siap kembali ke sekolah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar si kecil bersemangat untuk kembali ke sekolah.

Pertama, memberitahu anak bahwa dia akan segera bertemu dan bermain dengan teman-teman di sekolah. Anak-anak biasanya merasa kangen dengan teman-temannya di sekolah.

Kedua, berilah pemahaman bahwa hari libur adalah hadiah bagi anak yang sungguh-sungguh saat belajar di sekolah. Saat ini anak harus kembali belajar di sekolah, menambah ilmu pengetahuan agar lebih pintar, dan setelah ujian nanti akan ada hari libur lain yang tak kalah seru.

Ketiga, mulai merapikan jadwal harian anak yang berantakan. Komunikasikan dengan anak bahwa dia akan segera masuk sekolah sehingga harus bangun tidur lebih pagi dan tidur lebih cepat.

Keempat, tak ada salahnya memberikan ‘kado’ sederhana untuk penyemangat. Bukan berarti harus membelikan tas baru atau sepatu baru, ayah bunda bisa mengajaknya makan makanan favorit si kecil atau mengajaknya ke playground agar ia tetap ceria untuk kembali ke sekolah.

Kelima, mengajak anak membuka buku-buku pelajaran. Orang tua dan anak bisa melihat topik apa saja yang akan dipelajari di kelas. Dengan demikian, anak merasa lebih siap untuk belajar.

Jika si kecil sudah tampak bersemangat untuk kembali ke sekolah, ayah bunda pun harus semangat ya untuk kembali pada rutinitas sekolah si kecil, termasuk antar-jemput dan menyiapkan bekal makanan.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting