Bersiap mudik dengan perjalanan darat/Freepik
Bersiap mudik dengan perjalanan darat/Freepik
KOMENTAR

MENGALAMI mabuk perjalanan di saat mudik akan membuat kita tidak nyaman. Belum lagi jika durasi perjalanan menjadi lebih panjang karena kemacetan yang tak terhindarkan.

Bagaimana agar mabuk perjalanan tidak menganggu kenyamanan mudik? Berikut ini 5 (lima) cara mengatasi mabuk kendaraan menurut tim dokter Siloam Hospitals.

1# Memejamkan mata

Cobalah untuk memejamkan mata dan bernapas dengan perlahan. Jika kita mudik menggunakan kendaraan roda empat, bukalah kaca jendela selama beberapa menit untuk menghirup udara segar.

2# Menghirup aromaterapi

Para ibu biasanya sudah menyiapkan bermacam minyak untuk dibawa mudik. Ya, salah satu cara mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan menghirup aromaterapi yang terbuat dari berbagai jenis essential oils seperti eucalyptus, lemon, atau lavender. Bisa juga dengan menghirup minyak angin atau minyak kayu putih untuk meredakan rasa mual.

3# Mengubah posisi duduk

Salah satu penyebab kita mengalami mabuk perjalanan adalah saat kita duduk menghadap ke samping atau membelakangi arah perjalanan. Sebisa mungkin ubahlah posisi duduk kita untuk menghadap depan.

4# Menepi sejenak

Jika rasa mual sudah semakin menjadi-jadi, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak. Kita bisa turun di rest area atau di lokasi yang diyakini aman dan nyaman untuk menepikan kendaraan. Berjalan-jalan sejenak untuk menghirup udara segar dapat membantu mengurangi mabuk akibat pergerakan kendaraan.

5# Minum air jahe atau makan permen mint

Jika memang dalam kondisi tidak berpuasa, kita bisa minum air jahe atau makan perment mint untuk mencegah mual dan muntah akibat mabuk kendaraan. Selain itu, aroma mint dan jahe juga bisa memberikan ketenangan.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family