Ilustrasi Niacinamide/Freepik
Ilustrasi Niacinamide/Freepik
KOMENTAR

BANYAK produk kecantikan yang mengandung niacinamide. Kira-kira apa sih manfaat niacinamide untuk kulit?

Niacinamide adalah vitamin yang larut dalam air, artinya tidak tersimpan di dalam tubuh. Niacinamide  merupakan salah satu bentuk vitamin B3 yang terkandung dalam makanan seperti, dada ayam, salmon, dan beras merah.

Dalam produk skincare, beberapa produsen terkadang melabeli niacinamide sebagai “niacin”. Tetapi, niacin dan niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang berbeda. Keduanya memiliki struktur kimia berbeda yang bekerja secara berbeda di tubuh. Misalnya, niacinamide tidak menurunkan kadar kolestrol seperti niacin.

Lalu, apa saja manfaat niacinamide yang ada di dalam kandungan produk skincare untuk kulit wajah?

  1. Memudarkan bintik-bintik hitam. Kandungan niacinamide dianggap mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmentasi atau melanin, dan dapat memperbaiki warna kulit
  2. Membuat kulit tampak bersih. Menggunakan niacinamide dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak dan sebum untuk mengurangi jerawat, sehingga kulit bersih dan cerah. Namun niacinamide harus dihindari jika jerawat meradang.
  3. Melawan radikal bebas. Sinar UV, polusi, stress, kurang tidur, dapat menciptakan radikal bebas dan merusak sel-sel kulit sehat yang akan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti perubahan warna dan kerutan. Niacinamide memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan.
  4. Melembapkan kulit. Salah satu fungsi niacinamide yang banyak orang rasakan yaitu sebagai pelembap kulit. Sama seperti gliserin dan asam hialuronat, niacinamide juga dapat meningkatkan kelembapan kulit.
  5. Mengurangi iritasi. Niacinamide dapat menenangkan kulit dan membatasi iritasi yang penyebabnya pengelupasan kulit. Niacinamide juga dapat meredakan kemerahan dan peradangan.

Dengan segudang manfaatnya untuk kulit, tak heran bila niacinamide jadi favorit banyak perempuan.




Indonesia Hadirkan Solusi Perawatan Kecantikan Kulit Tercanggih

Sebelumnya

Belang pada Kulit Wajah, Atasi dengan 6 Cara Efektif Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA