Film dokumenter Sulli salah satunya akan membahas tentang masalah kesehatan mental pada remaja/Net
Film dokumenter Sulli salah satunya akan membahas tentang masalah kesehatan mental pada remaja/Net
KOMENTAR

K-POPERS tentu masih ingat dengan Sulli. Memiliki nama asli Choi Jin-ri, Sulli, nama panggungnya, adalah aktris, penyanyi, penari, model, dan MC. Ia debut di usia yang masih belia, yaitu pada 2005, dan mantan dari anggota girlband Korea f(X) yang bergabung pada 2009 di bawah label SM Entertainment.

Namun kisah Sulli cukup tragis. Bintang K-Pop ini memilih untuk mengakhiri hidupnya lantaran tak tahan dengan komentar netizen. Sulli ditemukan tewas di kediamannya, di Kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, 14 Oktober 2019.

Untuk mengobati kerinduan pada Sulli, dibuatlah sebuah film dokumenter berjudul Persona: Sulli, yang rencananya akan tayang perdana di Festival Film Internasional Busan (BIFF) ke-28, mulai 4 hingga 13 Oktober 2023. Film ini disutradarai oleh Yoon Suk.

Film dokumenter ini nantinya memiliki dua bagian, yaitu film pendek berjudul 4: Clean Island, di mana Sulli menjadi pemeran utamanya, dan Dear Jinri, film dokumenter panjang yang mengisahkan kehidupan dan pemikiran pribadi melalui wawancara terakhirnya. Bagaimana Sulli berusaha menemukan jati diri di tengah sorotan publik. Film ini akan membuat penonton mengingat kembali momen berharga bersamanya.

Tidak hanya itu, film dokumenter ini juga akan menggali isu-isu kesehatan mental yang terjadi dalam hidup aktor utamanya.  Bagaimana perjuangannya mengatasi hal itu dan bagaimana pula upayanya membantu orang lain yang mengalami masalah serupa, hingga akhirnya ia harus menyerah dengan kesehatan mental yang tidak dapat diatasi dengan baik.

Diceritakan pula bagaimana Sulli tumbuh dan berkembang di industri K-Pop. Kisah pertemanan sekaligus persaingan sesame artis K-Pop juga akan diungkap di sini. Termasuk pula hubungannya dengan para penggemar setia, interaksi di media sosial, konser, hingga dukungan penuh cinta dari fans saat dirinya sedang mengikuti acara khusus.

Fokus utama film dokumenter ini tidak hanya Sulli sebagai kenangan, tapi juga sebagai warisan untuk keluarga, teman, penggemar, hingga industri hiburan Korea. Sebab, Sulli merupakan salah satu artis yang mempengaruhi budaya pop Korea hingga mendunia.

Disoroti pula pencapaian Sulli dalam bermusik, acting, aktivisme soal, dan pengaruhnya yang masih terasa hingga saat ini, setelah kematiannya beberapa tahun lalu.




Tayang di Bioskop Mulai 18 Juli, Rizal Mantovani Ajak Penonton Menelusuri Misteri dan Kutukan di Film Horor “Pusaka”

Sebelumnya

5 Tips Mengasah Kemampuan Bahasa Korea ala Xaviera Putri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment